Era Baru Konsolidasi AS-Indonesia untuk Transisi Energi

Biden memastikan komitmen untuk memberikan tambahan dana sebesar US$172 juta dalam bentuk program baru di berbagai sektor, termasuk sektor iklim dan transisi energi bersih.

Akbar Evandio & Ibeth Nurbaiti

14 Nov 2023 - 18.58
A-
A+
Era Baru Konsolidasi AS-Indonesia untuk Transisi Energi

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berbincang dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Senin (13/11/2023), waktu setempat. Dalam pertemuan terbatas itu status hubungan bilateral Indonesia-Amerika Serikat (AS) naik status menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif (CSP). ANTARA-Sekretariat Presiden.

Bisnis, JAKARTA — Kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat menjadi momentum besar bagi Indonesia untuk memperkuat kerja sama transisi energi bersih dengan Negeri Paman Sam itu.

Terlebih, dengan naiknya status hubungan bilateral Indonesia-Amerika Serikat (AS) menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif (CSP), dapat dijadikan sebagai pondasi untuk memperkuat kerja sama kedua negara, terutama di bidang ekonomi. 

Ditambah lagi, Indonesia adalah satu-satunya negara yang diundang AS untuk melakukan kunjungan bilateral di Washington DC, menjelang Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pacific Economic Cooperation (KTT APEC) di San Francisco. Sebelumnya juga telah banyak rencana kerja sama dan kesepakatan antarkedua negara dari berbagai sektor yang telah dilakukan, termasuk untuk perubahan iklim dan transisi energi. 

Baca juga: Mengamankan Potensi Mineral Kritis Indonesia dan Negara Asean

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.