Eropa Enggan Terseret Perang Dingin AS-China

Sikap Uni Eropa yang dahulu selalu ‘seiya sekata’ dengan Amerika Serikat, ternyata sekarang mulai berubah. Benua Biru justru menunjukkan sikap yang lebih halus kepada China seiring dengan kepentingan ekonomi.

Nindya Aldila

31 Mei 2023 - 14.45
A-
A+
Eropa Enggan Terseret Perang Dingin AS-China

Ilutrasi China-Amerika Serikat-Uni Eropa. (Dok. Canva)

Bisnis, JAKARTA - Sikap Uni Eropa yang dahulu selalu ‘seiya sekata’ dengan Amerika Serikat, ternyata sekarang mulai berubah. Benua Biru justru menunjukkan sikap yang lebih halus kepada China seiring dengan kepentingan ekonomi.

Eropa terlihat mulai luluh kepada China setelah pendekatan Presiden Xi Jinping kepada sejumlah kepala negara di blok ini. Sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron yang enggan tunduk pada agenda Amerika dan Presiden Italia Luiz Inácio Lula da Silva yang memanaskan dedolarisasi menjadi salah satu pertanda jelas.

Saat ini Uni Eropa sedang berdebat alot dalam merumuskan dokumen perjanjian yang terkait dengan perdagangan dan teknologi di Swedia. Meski isu soal China menjadi fokus dalam pertemuan itu, kata-kata China hanya muncul dua kali dalam draf pernyataan bersama.

Baca juga: Mungkinkah G7 Sanggup Melepaskan Ketergantungan dengan China?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.