Expand North Star, Siasat Dubai Memimpin Kewirausahaan Dunia

Expand Nort Star 2023, 15-18 Oktober, di Dubai Harbour menampilkan hampir dua kali lipat jumlah peserta, setelah pameran dan forum terbesar yang mempertemukan start-up dengan venture capital itu meraih sukses tahun lalu.

Fatkhul Maskur

16 Okt 2023 - 06.25
A-
A+
Expand North Star, Siasat Dubai Memimpin Kewirausahaan Dunia

Sheikh Maktoum Bin Mohammed Bin Rashid Al Maktoum mengunjungi paviliun pameran, didampingi Omar Sultan Al Olama, Menteri Negara Kecerdasan Buatan, Ekonomi Digital & Aplikasi Pekerjaan Jarak Jauh Uni Emirat Arab. - Foto Emirat News Agency

Bisnis, JAKARTA--Expand Nort Star 2023, 15-18 Oktober, di Dubai Harbour menampilkan hampir dua kali lipat jumlah peserta, setelah pameran dan forum terbesar yang mempertemukan start-up dengan venture capital itu meraih sukses tahun lalu.

Expand North Star merupakan salah satu dari 10 bagian ekosistem Gulf Information Technology Exhibition (Gitex) Global 2023, yang diselenggarakan oleh Kamar Ekonomi Digital Dubai, Uni Emirat Arab.

Hampir 2.000 perusahaan rintisan dan 1.000 investor dari 70 negara dengan dana kelolaan senilai US$1 triliun berkumpul di Dubai Harbour. Mereka berupaya meningkatkan momentum investasi perusahaan rintisan.

Acara Expand North Star 2023 diresmikan oleh Sheikh Maktoum Bin Mohammed Bin Rashid Al Maktoum, Wakil Penguasa Pertama Dubai, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan UEA, Minggu (15/10/2023).

Sheikh Maktoum mengatakan Expand North Star 2023 mencerminkan visi Syeikh Mohammad Bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA dan Penguasa Dubai, untuk mengubah Dubai menjadi salah satu ekonomi digital terkemuka di dunia, meningkatkan daya saingnya di pasar global, dan meningkatkan kontribusi ekonomi digital terhadap perekonomian emirat.

“Kami sangat yakin akan potensi talenta nasional kami untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan meningkatkan posisi Dubai sebagai pusat inovasi digital global terkemuka, sekaligus berkontribusi terhadap pengembangan teknologi inovatif dan solusi berbasis AI,” ujarnya.

Ekonomi digital merupakan pilar penting Agenda Ekonomi Dubai (D33), dan Expand North Star 2023 sejalan dengan komitmen untuk menciptakan nilai ekonomi baru melalui transformasi digital, dengan perkiraan nilai tahunan Dh100 miliar (Rp427,52 triliun). 

“Upaya ini mengonsolidasikan posisi Dubai sebagai pusat ekonomi digital global dan pemain penting dalam lanskap digital global,” kata Sheikh Maktoum.

Selain mempertemukan perusahaan rintisan dan investor, sebanyak 250 pakar digital juga berpartisipasi sebagai pembicara di Expand North Star 2023. 

Acara ini juga berfungsi sebagai platform untuk memfasilitasi hubungan antara pemangku kepentingan di sektor pemerintah, investor, dan akselerator, serta pakar industri terkemuka, inovator, dan perusahaan rintisan teknologi dari seluruh dunia. 

Acara ini mendapat pengakuan di kalangan investor dari 70 negara atas pembuatan kesepakatan, pembiayaan bersama, dan penggalangan dana. Hal ini memberikan peluang bagi perusahaan rintisan digital untuk mendapatkan pendanaan dan memperluas operasi mereka.

Dalam kesempatan itu, Sheikh Maktoum mengunjungi paviliun pameran, didampingi oleh Omar Sultan Al Olama, Menteri Negara Kecerdasan Buatan, Ekonomi Digital & Aplikasi Pekerjaan Jarak Jauh dan Ketua Dubai Chamber of Digital Economy (DCDE); Abdulaziz Al Ghurair, Ketua Kamar Dubai; Helal Al Marri, Direktur Jenderal Departemen Ekonomi dan Pariwisata Dubai; Ahmed Bin Byat, Wakil Ketua DCDE; Saeed Al Gergawi, Wakil Presiden DCDE; dan Mohammad Ali Rashed Lootah, Presiden dan CEO Dubai Chambers.

“Expand North Star siap mendorong era kewirausahaan digital berikutnya dan menginspirasi generasi inovator dan pemikir berikutnya," kata Saeed Al Gergawi, Wakil Presiden Kamar Ekonomi Digital Dubai.

Expand North Star ini dirancang menjadi katalis strategis untuk memperluas masa depan ekonomi digital Dubai, menciptakan platform andal untuk mengumpulkan pemangku kepentingan utama dari komunitas start-up global di Dubai.

Selain mempertemukan startup terbaik dunia dengan VC untuk menggalang dana dan mencari portofolio mereka, Expand North Star menyajikan program konten yang belum pernah ada sebelumnya, dan menyoroti kisah-kisah besar 2023, termasuk gelombang besar startup AI yang generatif.

Mohammad Ali Rashed Lootah, Presiden dan CEO Dubai Chambers.

Berdasarkan laporan Kamar Ekonomi Digital Dubai, Expand North Star diikuti lebih dari 1.800 startup global peserta pameran, lebih dari 900 investor, dan lebih dari 250 pembicara. "Lebih dari 70 pendiri unicorn akan berada di atas panggung untuk memberikan pandangannya."

Dubai adalah kota ideal bagi dunia startup untuk berkumpul. Selama 4 hari, Expand North Star akan menyatukan dunia dan menghubungkan startup paling ambisius dan berpikiran maju dengan beberapa investor global paling berpengalaman dan berpengetahuan luas.

Expand North Star dan Gitex Global 2023 menargetkan 170.000 pengunjung, dengan perincian 56.100 pengunjung dari Tengah (33%), 35.700 pengunjung dari Afrika (21%), 34.000 pengunjung Asia (20%), 30.600 pengunjung Eropa (18%), dan 13.600 pengunjung Amerika (8%).

Berkaca pada acara serupa tahun lalu, Expand North Star diyakini akan membawa kesuksesan lebih besar. Sebagai catatan, ekosistem MENA VC telah melampaui angka US$3 miliar pada 2022, membuka rekor pendanaan baru untuk wilayah negeri gurun tersebut dan peningkatan investasi langsung pemerintah.

Kembali ke 2022, North Star Dubai telah menfasilitasi 2.400 pertemuan pendanaan pre-matched antara perusahaan rintisan dan VC, dan 1.200 pertemuan pembeli (buyer meetings) antara perusahaan rintisan dan perusahaan swasta dan pemerintah.

Selain itu, lebih dari 100 startup North Star berhasil mengumpulkan dana dari investor yang mereka temui di acara tersebut, sebanyak 20 startup memenangkan hadiah uang tunai US$2 juta dalam tantangan dan kompetisi pitch. Tak kalah penting, sebanyak 120 startup memiliki kantor di UEA sebagai hasil dari Expand North Star.

Expand North Star yang diselenggarakan oleh Kamar Ekonomi Digital Dubai akan mencapai rekor ukuran pada 2023, dan semakin mendorong Dubai menjadi yang terdepan dalam ekonomi kewirausahaan global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.