Fakta 2 Ruas Tol Trans Sumatra Dioperasikan Fungsional Nataru

PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) mulai membuka dua ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) untuk mendukung kelancaran perjalanan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023.

Yanita Petriella

23 Des 2022 - 13.00
A-
A+
Fakta 2 Ruas Tol Trans Sumatra Dioperasikan Fungsional Nataru

ilustrasi ruas tol Trans Sumatra

Bisnis, JAKARTA – PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) mulai membuka dua ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) untuk mendukung kelancaran perjalanan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023. 

Kedua ruas tersebut yakni Tol Tebing Tinggi – Inderapura sepanjang 20,4 km dan Gerbang Tol Serbelawan (Dolok Merawan) – Gerbang Tol Sinaksak sepanjang 15,6 km. Keduanya akan dibuka gratis mulai H-3 hingga H+7 Natal dan Tahun Baru 2022/2023, yaitu pada Jumat, 23 Desember 2022 sampai Minggu, 8 Januari 2023.

Kendaraan yang boleh melintasi dua ruas JTTS itu hanya kendaraan penumpang Golongan I (non bus) dengan jam operasional mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.30 WIB.

Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita Dindin Solakhuddin mengatakan pengemudi yang melintasi ruas Tol Tebing Tinggi – Inderapura sepanjang 20,4 km dan Gerbang Tol Serbelawan (Dolok Merawan) – Gerbang Tol Sinaksak sepanjang 15,6 km ini dapat mematuhi rambu yang tersedia demi keselamatan.

Hal ini dikarenakan konstruksi kedua ruas tersebut belum selesai sepenuhnya. Adapun progres konstruksi Seksi 1 dan Seksi 2 Tol Tebing Tinggi – Inderapura sudah mencapai 96,74 persen, sedangkan rute Seksi 3 dan Seksi 4 Tol Serbelawan (Dolok Merawan) – Sinaksak sudah mencapai 88,10 persen.
 
“Kondisi di kedua ruas tersebut masih terdapat beberapa titik pekerjaan konstruksi jembatan dan perkerasan jalan,” ujarnya dalam siaran pers dikutip Jumat (23/12/2022).

Baca Juga: Simak Daftar Jalan Tol Baru yang Dioperasikan Saat Nataru 


Pengemudi diharapkan memerhatikan kecepatan maksimum kendaraan yang sudah ditentukan di ruas tol fungsional yakni 40 km per jam. Lalu di area pekerjaan jembatan, pengendara diimbau untuk menurunkan kecepatan menjadi 5 km per jam. 

Ruas tol ini akan dibuka satu arah dengan memerhatikan situasi dan kondisi kepadatan arus kendaraan yang melintas di Jalan Nasional. Hamawas bersama dengan Ditjen Bina Marga, Dinas Perhubungan, dan Satlantas Polres setempat telah membentuk posko pelayanan untuk pengendara agar dapat melayani dan memastikan keamanan pengguna jalan selama melintas.

Kendati demikian, pengguna jalan tetap diminta untuk memeriksa kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan kondisi dalam keadaan prima dan tidak mengemudi dalam kondisi mengantuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.