Fakta di Balik Penyebab Terowongan Kembar Tol Cisumdawu Retak

Kementerian PUPR memastikan terowongan kembar Cisumdawu ini masih aman untuk dilalui setelah dikabarkan mengalami keretakan akibat gempa.

Redaksi

2 Jan 2024 - 12.53
A-
A+
Fakta di Balik Penyebab Terowongan Kembar Tol Cisumdawu Retak

Terowongan tol Cisumdawu. /dok Kementerian PUPR

Bisnis, JAKARTA – Terowongan kembar (twin tunnel) di Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) dikabarkan mengalami keretakan di sejumlah titik. Keretakan tersebut disebabkan oleh gempa bumi yang mengguncang Sumedang Jawa Barat. 

Pada 31 Desember 2023 Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat setidaknya Sumedang diguncang 3 kali gempa bumi. Rinciannya, yakni berkekuatan 4,1 magnitudo pukul 14.35 WIB, 3,4 magnitudo pada 15.38 dan 4,8 magnitudo pada 20.34 WIB. 

Hal tersebut tergambar dalam video yang beredar yang menunjukkan terowongan terpanjang di Indonesia dengan panjang 472 meter ini alami keretakan. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan yang terjadi terjadi pada dinding Cisumdawu twin tunnel bukan retak tetapi karena model konstruksi yang segmental. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Fakta di Balik Penyebab Terowongan Kembar Tol Cisumdawu Retak

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.