Fakta Insiden Percikan Api di Stasiun Kereta Cepat

Stasiun Kereta Cepat Jakarta - Bandung Halim mengalami insiden percilkan api pada Senin (11/9/2023) malam. Manajemen PT Kereta Cepat Indonesia - China (KCIC) memastikan kejadian itu tidak mengganggu aktivitas uji coba moda transportasi itu.

Rayful Mudassir

12 Sep 2023 - 13.39
A-
A+
Fakta Insiden Percikan Api di Stasiun Kereta Cepat

Aktivitas teknisi merampungkan instalasi rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (17 5 2023). Bisnis/Rachman

Bisnis, JAKARTA - Stasiun Kereta Cepat Jakarta - Bandung Halim mengalami insiden percilkan api pada Senin (11/9/2023) malam. Manajemen PT Kereta Cepat Indonesia - China (KCIC) memastikan kejadian itu tidak mengganggu aktivitas uji coba moda transportasi itu.

KCIC memastikan bahwa saat ini pelaksanaan uji coba sarana KA Cepat masih berjalan lancar sesuai jadwal yang ditetapkan meski sempat terjadi insiden percikan api di sisi atap stasiun.

GM Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa menjelaskan saat ini seluruh sarana dan prasarana KA Cepat dari Tegalluar hingga ke Halim Perdanakusuma dapat beroperasi sesuai jadwal uji coba yang telah ditetapkan dan berlangsung aman tanpa kendala. 

“KCIC memastikan, situasi di area Stasiun KA Cepat Halim seluruhnya juga dalam kondisi yang aman dan tidak ada gangguan. Tidak ada kerusakan yang terjadi di area dalam maupun luar Stasiun Halim,” terangnya melalui keterangan resmi, Senin (11/9/2023).

Baca juga: Buah Manis Integrasi Moda Kereta Lintas Kota

Manajemen juga telah berkoordinasi dengan WIKA sebagai kontraktor dan Pemadam Kebakaran Jakarta Timur untuk melakukan penanganan dan situasi dapat dikendalikan dengan baik. 

“Perjalanan pengujian KA Cepat hari ini pada Senin [11/9/2023] dapat dilakukan dari Stasiun Tegalluar hingga ke Halim dan sebaliknya dengan aman dan lancar,” tekannya.

Sebelumnya, KCIC memastikan saat ini seluruh fungsi fasilitas stasiun juga dapat berfungsi dengan baik dan seluruh pegawai dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa hambatan guna persiapan menuju operasional KA Cepat agar dapat dilakukan sesuai tahapan yang ditetapkan.

Adapun atas kondisi yang sebelumnya terjadi dimana sempat terdapat percikan api di sisi atap peron sisi timur pada bagian lapisan proteksi atap, KCIC langsung berkordinasi bersama Dinas Pemadam Kebakaran Wilayah Jakarta Timur. 

Percikan api yang terlihat pukul 00.30 WIB tersebut telah dipadamkan oleh petugas Pemadam Kebakaran. Pagi kemarin, seluruh sarana dan prasarana di Stasiun Halim dipastikan dalam kondisi aman. 

Petugas Pemadam Kebakaran telah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk memastikan kondisi tetap terkendali. Adapun saat ini penyebab kejadian dalam proses investigasi. 

Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim./ Dok. KCIC

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. KCIC juga akan terus berkordinasi dengan pihak kontraktor untuk memastikan keselamatan dan keamanan proyek kereta api cepat relasi Jakarta-Bandung. 

Selain insiden kebakaran, berikut adalah sejumlah kejadian yang dialami oleh proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang dirangkum oleh Bisnis.com hingga awal pertengahan September 2023.

Deretan Biang Kerok Insiden Kereta Cepat Jakarta Bandung:

1. Atap Stasiun Halim Terbakar

Atap pada Stasiun Halim dilaporkan terbakar pada Senin dini hari kemarin. Eva Chairunisa, GM Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menjelaskan, insiden ini terjadi saat adanya percikan api di sisi atap peron sisi timur. Percikan tersebut tepatnya terjadi pada bagian lapisan proteksi atap Stasiun Halim. 

Percikan api tersebut terlihat pukul 00.30 WIB dan setelahnya KCIC langsung berkordinasi bersama Dinas Pemadam Kebakaran Wilayah Jakarta Timur. Eva mengatakan, percikan tersebut telah dipadamkan oleh petugas Pemadam Kebakaran. 

“Pagi ini seluruh kondisi Stasiun Halim dipastikan dalam kondisi aman. Bagian dalam bangunan stasiun dipastikan dalam kondisi baik dan seluruh fungsi dapat berjalan normal,” jelas Eva pada Senin (11/9/2023).

Eva melanjutkan, petugas Pemadam Kebakaran telah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk memastikan kondisi tetap terkendali. Hingga saat ini penyebab kejadian salah satu stasiun Kereta Cepat tersebut dalam proses investigasi.  

Dia juga memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. KCIC juga akan terus berkordinasi dengan pihak kontraktor untuk memastikan keselamatan dan keamanan proyek kereta api cepat relasi Jakarta-Bandung.

2. Kecelakaan Kerja

Berdasarkan catatan Bisnis.com pada 18 Desember 2022, sebanyak dua orang WNA China pekerja kontraktor Sinohydro tewas akibat kecelakaan kereta teknis pada jalur Kereta Cepat. Selain itu, empat orang pekerja asal China juga mengalami luka-luka hingga dirawat di rumah sakit.  

Akibatnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menginstruksikan agar pekerjaan proyek di jalur lokasi kecelakaan dihentikan sementara waktu. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) diminta untuk menginvestigasi penyebab kecelakaan selama proyek dihentikan.  

"Kegiatan yang diberhentikan sementara merupakan kegiatan yang berlangsung pada ruas jalur terdampak, sementara kegiatan pembangunan di lokasi lain akan tetap dilanjutkan sesuai dengan rencana," ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati kala itu.

3. Pencurian Baut dan Kabel  

Kereta Cepat juga menghadapi masalah pencurian baut dan kabel tembaga proyek ini. Pada 7 Juni 2023, Kepolisian menangkap 6 orang yang diduga menjadi pencurian komponen-komponen kereta cepat di wilayah Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel, Karawang, Jawa Barat. 

Keenam pelaku pencurian tersebut, di antaranya berinisial KM (27) warga Desa Taman Mekar, Kecamatan Pangkalan, Karawang yang merupakan petugas keamanan proyek. Kemudian pelaku lainnya berinisial SF (23), DW (46), EN (38), MW (46) dan AA (38).   

Para pelaku ditangkap pada Kamis (1/6/2023) setelah berkomplot melakukan pencurian baut dan kabel tembaga proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di sekitar Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel, Karawang. 


4. Insiden Layangan  

Dalam catatan Bisnis.com pada 25 Juli 2023, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melaporkan adanya beberapa insiden saat uji coba operasional Kereta Cepat relasi Jakarta-Bandung.   

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan terdapat benda asing tergantung pada jaringan Listrik Aliran Atas (LAA) atau Overhead Catenary System (OCS). Terutama di area antara Stasiun Padalarang hingga Stasiun Tegalluar, karena banyak masyarakat yang bermain layang-layang di dekat jalur kereta api cepat.

"Akibatnya, terdapat sejumlah kejadian layang-layang terjebak pada LAA yang mengganggu proses pengujian," kata Eva.  

Eva menuturkan aktivitas tersebut sangat berbahaya. Masyarakat diimbau untuk turut serta bekerja sama mewujudkan keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Cepat baik pada masa uji coba maupun saat mulai beroperasi melayani penumpang. 

5. Pilar Ambruk 

Berdasarkan catatan Bisnis.com pada 13 Desember 2021, robohnya pilar proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung terjadi di kawasan Teluk Jambe, Karawang. Robohnya pilar tersebut terjadi di tengah proses pembongkaran karena ditemukan pergeseran alignment pekerjaan pier (pilar) di DK 46 dan harus dilakukan pengerjaan ulang. 

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan telah terjadi kesalahan Standar operasional prosedur (SOP) terhadap pembongkaran pier pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di kawasan Teluk Jambe, Karawang.  

“Betul adanya bahwa saat dilakukan pekerjaan rework pembongkaran pier, kontraktor lalai dalam melaksanakan SOP sehingga pier menimpa ekskavator yang digunakan," katanya kala itu. 

Hasil investigasi yang sudah dilakukan oleh KCIC didapatkan bahwa kontraktor melanggar SOP tersebut, sehingga timbul kejadian seperti terlihat pada video robohnya pilar proyek yang sempat viral kala itu. (Anitana Widya Puspa/Lorenzo Anugrah Mahardhika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.