Fakta Kereta Panoramic, Cek Jadwal, Rute dan Harga Tiketnya

PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan Kereta Api (KA) Panoramic setelah sempat dihentikan operasi pada Januari. Seiring dengan jadwal operasi mulai Februari 2023, KAI membuka sejumlah rute, harga dan jadwal baru untuk KA tersebut.

Rayful Mudassir

30 Jan 2023 - 13.04
A-
A+
Fakta Kereta Panoramic, Cek Jadwal, Rute dan Harga Tiketnya

Kereta Panoramic yang dikembangkan PT KAI (Persero) untuk memberi nuansa berbeda bagi kalangan muda./ Dok KAI

Bisnis, JAKARTA - Setelah sempat dihentikan operasinya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan kembali mengoperasikan Kereta Api (KA) Panoramic pada Februari 2023 mendatang. 

Kereta Panoramic direncanakan dioperasikan kembali pada akhir pekan di bulan Februari nanti. Kereta ini rencananya akan dirangkaikan pada KA Penumpang Argo Parahyangan dengan rute Gambir-Bandung pp dan Argo Wilis rute Bandung - Surabaya Gubeng pp.

PT KAI menyebutkan tarif Argo Parahyangan Panoramic akan dibanderol sebesar Rp350.000 dan Argo Wilis Panoramic senilai Rp1.120.000. KA Panoramic memiliki kapasitas sebanyak 38 tempat duduk.

BACA JUGA: Kereta Panoramic, Dihentikan Saat Publik Sedang Sayang-Sayangnya

Pelanggan yang berminat dapat melakukan pemesanan tiket di aplikasi KAI Access, web KAI, dan seluruh channel penjualan resmi tiket KAI lainnya.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan KA Panoramic dirilis pada 24 Desember 2022 untuk mendukung angkutan libur Natal dan Tahun Baru. Menurut Didiek selama masa operasinya KA Panoramic mendapat respons positif dari masyarakat.

“KA Panoramic disambut antusias masyarakat, terlihat setiap perjalanan KA Panoramic hampir selalu penuh penumpang,” papar Didiek dalam Acara Kunjungan ke Proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) di Stasiun Tegalluar, Bandung, Sabtu (28/1/2023).

Kereta panoramic yang digabung dengan rangkaian KA Taksaka./Dok KAI

Didiek melanjutkan, selama masa operasi KA Panoramic, PT KAI mendapat sejumlah masukan dari pelanggan terkait langkah peningkatan layanan KA tersebut. Sehingga, pihaknya memutuskan untuk memberhentikan sementara layanan operasi KA Panoramic.

Ke depannya PT KAI akan melanjutkan inovasi - inovasi baru untuk meningkatkan layanan. Didiek mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah inovasi baru di bidang perkeretaapian untuk tahun 2023 KAI. Menurutnya, inovasi – inovasi ini penting dilakukan sejalan dengan fokus KAI menjaring segmen penumpang muda.

“Kami fokus untuk berinovasi yang sesuai dengan kebutuhan generasi X, generasi Y atau milenial dan generasi  Z, karena generasi – generasi ini akan mewakili 60 persen pelanggan KAI di masa depan,” ujarnya.


Adapun, KA Panoramic dijadwalkan beroperasi tiap akhir pekan baik untuk rute Gambir - Bandung, Bandung - Surabaya Gubeng, Surabaya Gubeng - Bandung maupun Bandung - Gambir. Berikut jadwal lengkapnya.  

Rute KA Panoramic

Tanggal 3, 10, 17, dan 24 Februari 2023:

  • Argo Parahyangan (KA 44) Gambir-Bandung, Keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 04.55 WIB

  • Argo Wilis (KA 6) Bandung - Surabaya Gubeng, keberangkatan dari Bandung pukul 08.15 WIB.

Tanggal 5, 12, 19, dan 26 Februari 2023:

  • Argo Wilis (KA 5) Surabaya Gubeng-Bandung, keberangkatan dari Surabaya Gubeng pukul 07.30 WIB

  • Argo Parahyangan (KA 51) Bandung-Gambir, keberangkatan  dari Bandung pukul 18.15 WIB.

(Lorenzo Anugrah Mahardhika, Indra Gunawan & Hestin Puji Lestari)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.