Fakta Penjualan Mobil Listrik Mei 2023

Setelah beragam insentif dan bantuan subsidi harga dikucurkan untuk mendorong penjualan mobil listrik, pemerintah mewacanakan pembatasan mobil cetus api alias bermesin pembakaran dalam. Sejauh mana laju mobil terelektrifikasi di pasar Indonesia?

Fatkhul Maskur

27 Jun 2023 - 15.50
A-
A+
Fakta Penjualan Mobil Listrik Mei 2023

Produksi dan penjualan mobil bertenaga listrik baterai masih sangat jauh dari target pemerintah. - Foto BID

Bisnis, JAKARTA – Setelah beragam insentif dan bantuan subsidi harga dikucurkan untuk mendorong penjualan mobil listrik, pemerintah mewacanakan pembatasan mobil cetus api alias bermesin pembakaran dalam. Sejauh mana laju mobil terelektrifikasi di pasar Indonesia?

Pemerintah telah menggelontorkan beragam insentif dan program subsidi harga demi memacu adopsi mobil listrik. Berdasarkan dokumen Kerangka Ekonomi Makro Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2024, total insentif yang digelontorkan bahkan mencapai 42% dari harga jual.

Perinciannya, bantuan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) setara 13%, pajak impor 3%, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) 18%, hingga Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPNDTP) 10%.

"Kita juga secara bertahap akan mulai mempersulit tanda kutip mobil-mobil combustion sehingga Jakarta ini, air quality-nya makin baik sehingga keluarga kita itu akan mendapat air quality seperti negara tetangga kita," kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (12/6/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.