Free

Fakta Piala Dunia 2022, Termahal Sepanjang Sejarah

Dengan dana lebih dari Rp3.000 triliun, Qatar telah mempersiapkan infrastruktur, perhotelan, tujuh stadion baru, dan lainnya untuk ajang sepak bola terbesar dunia, Piala Dunia FIFA 2022.

Nindya Aldila

20 Nov 2022 - 14.16
A-
A+
Fakta Piala Dunia 2022, Termahal Sepanjang Sejarah

Al Rihla, bola yang dipakai di Piala Dunia 2022 / Twitter FIFA World Cup

Bisnis, JAKARTA - Pesta dunia sepak bola akan segera dimulai. Pertandingan pertama Piala Dunia 2022 akan digelar pada hari ini, Minggu (20/11/2022) pukul 23.00 WIB.

Qatar sebagai tuan rumah akan menjadi saksi dari 64 pertandingan yang diikuti oleh 32 tim kelas dunia selama FIFA World Cup 2022 sepanjang 20 November 2022 hingga 18 Desember 2022.

Dalam proses penyelenggaraan, Qatar telah melakukan banyak persiapan mulai dari infrastruktur, akomodasi, pariwisata, dengan dana yang tidak sedikit.

Berikut adalah beberapa fakta dari Piala Dunia tahun ini:

 

1. Merogoh kocek hingga US$220 miliar

Dilansir dari Forbes, Qatar diperkirakan telah menghabiskan dana sebanyak US$220 miliar atau senilai Rp3.410 (kurs Rp15.500) sejak pertama kali ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia pada akhir 2010.

Nominal yang digelontorkan oleh Qatar tersebut tercatat 15 kali lipat lebih besar dari pengeluaran Rusia di gelaran Piala Dunia 2018. Maklum saja, gelaran tersebut menjadi Piala Dunia pertama yang diadakan di Timur Tengah. Dengan demikian, Piala Dunia di Qatar menjadi yang termahal sepanjang sejarah. 

Membengkaknya anggaran penyelenggaraan Piala Dunia Qatar 2022 disokong oleh sejumlah faktor. Selain melakukan pembenahan pada sarana olahraga, Qatar juga membangun sejumlah infrastruktur lain seperti bandara, hotel, serta jaringan metro yang mumpuni.

 

2. Penjualan alkohol dilarang

Badan sepak bola dunia FIFA mengonfirmasi bahwa tidak akan ada penjualan minuman beralkohol di delapan stadion Qatar.

"Menyusul diskusi antara otoritas negara tuan rumah dan FIFA, keputusan telah dibuat untuk memfokuskan penjualan minuman beralkohol pada FIFA Fan Festival, tujuan penggemar lainnya dan tempat berlisensi serta menghapus titik penjualan bir dari perimeter stadion Piala Dunia FIFA 2022 Qatar," demikian pernyataan FIFA seperti dilansir dari CNN, Jumat (18/11/2022).

Pada September lalu, Qatar yang merupakan salah satu negara Islam mengatakan akan mengizinkan penggemar yang memiliki tiket menonton untuk membeli bir beralkohol di pertandingan sepak bola Piala Dunia mulai tiga jam sebelum kickoff dan satu jam setelah peluit akhir, tetapi tidak selama pertandingan.

Kendati dicemooh banyak pihak, Presiden FIFA Gianni Infantino membela sikap Qatar. “Jangan mengkritik Qatar. Jangan mengkritik para pemain. Jangan mengkritik siapa pun. Kritik FIFA. Kritik saya, jika Anda mau. Karena saya bertanggung jawab atas semuanya,” kata Infantino.

 

3. Qatar bangun tujuh stadion baru

Setidaknya delapan stadion akan menjadi tuan rumah pertandingan di turnamen tersebut. Tujuh di antaranya merupakan stadion yang baru dibangun.


Lusail Iconic Stadium di Lusail akan menjadi salag satu stadion pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar. (FIFA)



Adapun, ke-8 stadion yang dimaksud diantaranya:

- Al- Bayt Stadium

- Lusail Stadium

- Ahmad Bin Ali Stadium

- Al Janoub Stadium

- Al Thumama Stadium

- Education City Stadium

- Khalifa International Stadium

- Stadium 974

Seluruh stadion tersebut berlokasi dalam radius 55 km dari Ibu Kota Doha. Pembangunan tujuh stadion baru dikebut selama 3 tahun terakhir.

Di antara stadium tersebut, Lusail Iconic Stadium memiliki kapasitas terbesar hingga 80.000 kursi. Stadium itu juga akan menjadi yang tersibuk karena akan menjadi tempat bagi 10 pertandingan, termasuk final dan upacara penutupan.

 

4. Tiket sudah terjual habis

Dilansir dari Mint, FIFA mengatakan sebanyak 3 juta tiket menonton di pertandingan yang dijual secara online sudah ludes. Penjualan dimulai pada 27 September.

Sementara untuk orang-orang yang sudah mengantongi tiket dan tinggal di luar Qatar, harus bersiap membayar mahal untuk tiket pesawat. Qatar Airways menyediakan penerbangan kelas ekonomi dengan rute London - Doha senilai US$757. Sementara itu tiket penerbangan Dubai ke Doha bisa mencapai US$2.000 pada hari pertandingan pertama, 20 November.

 

5. Pertama kali diadakan pada musim dingin

Jika biasanya kompetisi sepak bola terbesar di dunia ini dilakukan pada pertengahan tahun. Kali ini menjadi yang pertama dilakukan pada musim dingin jika dilihat dari belahan bumi utara.  

The Daily Star melaporkan bahwa Qatar mencatatkan suhu yang sangat tinggi hingga 50 derajat celcius pada musim panas. Untuk itu, jadwal Piala Dunia FIFA telah dipindahkan dari slot musim panas ke akhir tahun dengan cuaca yang lebih dingin.

(Alifian Asmaaysi, Fitri Sartina Dewi)

Video terkait:


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.