Fakta Rencana Uji Coba Taksi Terbang pada Bulan Juni 2024 di Samarinda

Moda transportasi taksi terbang akan diuji coba di Bandara APT Pranoto Samarinda. Hyundai Motors menjadi pihak yang bakal menguji coba taksi terbang tersebut.

Yanita Petriella

7 Feb 2024 - 16.58
A-
A+
Fakta Rencana Uji Coba Taksi Terbang pada Bulan Juni 2024 di Samarinda

Titik Nol di IKN Nusantara

Bisnis, JAKARTA – Taksi terbang atau advanced air mobility bakal segera diuji coba di Samarinda. Transportasi cerdas ini menjadi salah satu yang bakal dihadirkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda Maeka Rindra Hariyanto mengatakan moda transportasi taksi terbang akan diuji coba di Bandara APT Pranoto Samarinda. Hyundai Motors menjadi pihak yang bakal menguji coba taksi terbang tersebut.
“Pada hari ini, kami menerima kunjungan dari produsen taksi terbang Hyundai Motors yang melakukan survei rencana uji coba di Bandara APT Pranoto Samarinda,” ujarnya dikutip Antara, Rabu (7/2/2024). 

Tim Hyundai Motor yang merupakan produsen mobil asal Korea Selatan, akan menentukan lokasi tempat uji coba penggunaan taksi terbang nantinya. Lokasi tersebut terletak antara Samarinda atau Balikpapan. 

Dia menambahkan, Bandara APT Pranoto Samarinda mendukung penuh kegiatan-kegiatan mereka sebagai penunjang pembangunan IKN.

“Dari sisi operasional, bandara ini tidak sepadat seperti halnya Balikpapan. Kami juga menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan, baik itu dari rute, jam terbang, slot, hingga tempat singgah,” katanya. 

Baca Juga: Seribu Jurus Pemerintah Tarik Minat Investor Asing Tanam Modal di IKN Nusantara

Saat ini, tim Hyundai Motors masih memeriksa kondisi lapangan yang memenuhi dengan kriteria yang mereka harapkan.
“Ini masih sifatnya survei awal, belum ada penetapan lokasi pasti. Mereka juga akan memikirkan bagaimana mendatangkan pesawat tersebut menggunakan kapal hingga nanti sampai ke Samarinda,” ucapnya.

Menurutnya, taksi terbang tersebut rencananya akan diuji coba pada tiga atau empat bulan ke depan. Namun, kepastian dan kesiapannya tentu diputuskan oleh pihak Hyundai Motors.
Secara garis besar, pihak Bandara APT Pranoto Samarinda menyatakan siap mengakomodir uji coba taksi terbang. Apalagi, moda transportasi ini dianggap ramah lingkungan karena menggunakan sumber daya listrik.
“Taksi terbang diharapkan bisa menjadi solusi transportasi masa depan, terutama di daerah perkotaan yang padat dan macet,” tutur Maeka. 

Sementara itu, Deputi Transformasi Hijau dan Digital OIKN Ali Berawi mengatakan saat ini pihaknya masih mempersiapkan sejumlah hal seiring dengan rencana uji coba tersebut mulai dari persiapan landasan terbang (helipad) hingga pengkajian pada aspek keselamatan. Rencananya, taksi terbang ini akan diujicoba tepatnya pada 17 Agustus 2024.

Taksi terbang ini nantinya akan menyerupai drone yang dapat berisi penumpang dan barang.

Untuk diketahui, Hyundai sendiri telah memamerkan konsep mobilitas masa depannya di Mobility Exhibition Center di Musem Transportasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur pada November 2022. Konsep taksi terbang besutan Hyundai sudah terpajang di Meseum Transportasi TMMI. Taksi terbang tersebut diberi nama S-A1. 

Jika konsep taksi terbang ini untuk IKN, maka akan memiliki konfigurasi 4 kursi penumpang dan 1 kursi pilot, serta memiliki ruang yang cukup besar untuk penyimpanan tas. Taksi terbang ini dirancang untuk daya jelajah hingga 100 kilometer dan kecepatannya bisa menyentuh angka 290 kilometer per jam. Nantinya, taksi terbang besutan Hyundai akan sepenuhnya bertenaga listrik ini juga mampu mengudara dengan ketinggian sekitar 1.000 hingga 2.000 kaki di atas tanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.