Fakta Sistem Pembayaran Baru Transjakarta dan Tip Biar Tak Salah

Peraturan baru ini berupa aturan untuk tap in saat memasuki halte atau bus dan out saat mengakhiri perjalanan. Saldo dalam Kartu Yang Elektronik (KUE) juga diwajibkan minimal Rp5.000,- dan 1 kartu hanya dapat digunakan 1 orang.

Jaffry Prabu Prakoso

7 Okt 2022 - 16.26
A-
A+
Fakta Sistem Pembayaran Baru Transjakarta dan Tip Biar Tak Salah

JAKARTA – Transportasi umum andalan warga Ibu Kota selain Commuter Line, Transjakarta resmi terapkan peraturan baru terhitung sejak Selasa (4/10/2022).

Peraturan baru ini berupa aturan untuk tap in saat memasuki halte atau bus dan tap out saat mengakhiri perjalanan. Saldo dalam kartu yang elektronik (KUE) juga diwajibkan minimal Rp5.000  dan 1 kartu hanya dapat digunakan 1 orang (one man one card).

Sayangnya, banyak warganet kemudian mengeluhkan hal ini berimbas pada antrean penumpang dan pemotongan saldo KUE dua kali lipat. Selain itu, masyarakat juga mengeluhkan kurangnya sosialisasi tentang peraturan baru ini.


Kartu Transjakarta gratis berbasis JakCard/Bank DKI


Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa penumpukan penumpang lantaran adanya sistem baru tersebut.

"Kami [Pemerintah Provinsi DKI Jakarta] memohon maaf. Yang terjadi tentu menjadi evaluasi bagi kita. TransJakarta sudah memahami, mengerti, dan terus akan dicarikan solusi terbaiknya," kata Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Kendati demikian, Riza Patria menyampaikan bahwa kebijakan sistem integrasi akan terus berjalan. Namun dia menyadari bahwa masalah teknis terjadi akibat kebijakan baru tersebut.

"Justru kami bersyukur ini terjadi di awal. sehingga kita bisa mengantisipasi ke depan, karena memang nantikan jangkauannya, luasannya kan besar sekali," katanya.


Baca juga: Transjakarta Kini Beroperasi 24 Jam, Cek Rutenya!


Kejadian tersebut, lanjut Riza Patria akan menjadi evaluasi dan pembelajaran bagi TransJakarta dan pihak terkait.

"Supaya di cek kembali apa sesungguhnya yang terjadi. Apakah kesalahan pada kartu atau justru pada card reader itu sendiri. Nanti ini akan kita lihat," tandasnya.

PT JakLingko menyadari terdapat beberapa kendala di lapangan yang terjadi sehubungan dengan diberlakukannya sistem baru. 

Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh pelanggan atas kendala dan ketidaknyamanan yang dirasakan akibat perubahan kebijakan.

“Per kemarin sampai dengan hari ini, kami terus berupaya melakukan perbaikan yang diperlukan, seperti optimasi sistem dan mempersiapkan gate tambahan di halte-halte yang ramai. Selanjutnya kami juga terus mensosialisasikan kebijakan ini pada media sosial kami serta berkolaborasi dengan Pemprov DKI agar jangkauan sosialisasi semakin luas," kata Kamal dalam keterangan resmi dikutip, Kamis (6/10/2022).

Tip Menyesuaikan Peraturan Baru Transjakarta


Baca juga: Menilik Progres Pembangunan MRT Fase 2A Bundaran HI - Kota



1. Segera siapkan KUE jika tujuan sudah dekat

Salah satu keluhan yang diutarakan warganet adalah antrean yang terjadi saat melakukan tap out di pintu keluar bus. Hal ini terjadi di pemberhentian bus Transjakarta tanpa halte.

Untuk mengantisipasi hal ini dan menyingkat waktu sebisa mungkin, persiapkan KUE sejak bus mulai mendekati tujuan. Ini membantu agar tidak kerepotan mencari KUE saat akan melakukan tap out.

 

2. Bila Terjadi Pemblokiran KUE, Segera Hubungi Petugas

Salah seorang warganet menyebut permasalahan saat melakukan tap setelah peraturan ini dibuat adalah KUE yang tidak bisa melakukan tap in ataupun tap out hingga percobaan berkali-kali atau pemblokiran.

Sayangnya, warganet itu juga menuturkan saldo tetap terpotong walaupun percobaan tap dianggap gagal oleh mesin. Maka, untuk mengantisipasi hal ini, segera hubungi petugas jika mendapati permasalahan pemblokiran.

Pihak Transjakarta juga sudah mengantisipasi hal ini, dengan mengadakan layanan pelanggan yang saldo KUE terpotong dua kali. Caranya dengan menghubungi Customer Care JLI di WhatsApp 081260001440.

 

Sejumlah calon penumpang berjalan melintas di area halte Transjakarta di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa (7/12/2021) ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga


3. Usahakan turun di pemberhentian berhalte

Pemberhentian tanpa halte selain menyebabkan kemacetan saat tap out juga berisiko tinggi mengalami pemblokiran sehingga kemungkinan saldo terpotong dua kali juga lebih besar.

 

4. Sisakan saldo KUE minimal Rp20.000

Pasti akan menyebalkan sekali jika saldo KUE terpotong berkali-kali, namun perjalanan masih panjang dan dibutuhkan beberapa tap in lagi. Maka selalu antisipasi dengan saldo KUE minimal Rp20.000. (Pernita Hestin Untari dan Widya Islamiati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.