Fakta Terungkap, Penjualan TikTok Shop Rp1,3 Triliun Sebulan

Hasil surven menunjukkan bahwa nilai penjualan di TikTok Shop untuk kategori FMCG mencapai angka Rp1,33 triliun per bulan di Indonesia.

Arlina Laras

9 Okt 2023 - 11.36
A-
A+
Fakta Terungkap, Penjualan TikTok Shop Rp1,3 Triliun Sebulan

Ilustrasi Tiktok Shop. /Shutterstock.

Bisnis, JAKARTA – Terungkap fakta baru bahwa bahwa nilai penjualan di TikTok Shop untuk kategori fast-moving consumer goods atau FMCG mencapai angka Rp1,33 triliun di Indonesia.

Hal tersebut berdasarkan hasil penelusuran compas.co.id sebagaimana yang dikutip bisnis.com pada periode 1 September—1 Oktober 2023. 

Dari total transaksi tersebut, nilai penjualan yang terjadi pada kategori perawatan kecantikan sebesar Rp722 miliar, makanan minuman sebesar Rp272 miliar, ibu bayi sebesar Rp204 miliar, kesehatan sebesar Rp132 miliar, dan perlengkapan rumah sebesar Rp1 miliar. 

Baca juga: Modus Baru Bisnis Baju Bekas Ilegal

Dengan demikian, TikTok Shop memberikan dampak pada 17.000+ seller, 3900+ brand FMCG dan 118.000+ product listing pada kategori perawatan kecantikan, makanan minuman, ibu bayi, kesehatan, serta perlengkapan rumah. 

E-Commerce jadi Jawaban

Masih pada periode yang sama compas.co.id juga mengamati Shopee, Tokopedia, dan Blibli berdasarkan lima kategori FMCG yaitu perawatan kecantikan, makanan minuman, ibu bayi, kesehatan, dan perlengkapan rumah. 

Nilai penjualan yang terjadi pada Shopee sebesar Rp3,1 triliun dengan jumlah transaksi sejumlah 92,4 juta, Tokopedia meraih nilai penjualan sebesar Rp622,3 miliar dengan jumlah transaksi sejumlah 10,5 juta. Sedangkan Blibli meraih nilai penjualan sebesar Rp84,8 miliar dengan jumlah transaksi 1,7 juta. 




Compas.co.id juga menemukan pada kategori FMCG, kategori perawatan kecantikan memiliki pasar yang potensial di platform Shopee berdasarkan nilai penjualan sebesar Rp1,9 triliun.

CEO & Co-Founder Compas.co.id Hanindia Narendrata Rahiesa menyampaikan pihaknya melihat potensi yang cukup baik pada platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Blibli berdasarkan angka nilai penjualan dan jumlah transaksi yang diperoleh untuk kategori FMCG di Indonesia. 

Baca juga: Shopee Hentikan Penjualan Produk dari Pedagang Luar Negeri

“Sehingga pelaku bisnis FMCG tidak perlu lagi khawatir untuk kehilangan pasar yang potensial ini,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (8/10/2023).

Adapun, baginya perpindahan dan pemanfaatan platform e-commerce oleh seller di TikTok Shop juga sejalan dengan pernyataan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada Konferensi Pers Penerbitan Permendag No. 31 Tahun 2023, yang mengarahkan seller di TikTok Shop untuk memindahkan lapaknya ke platform e-commerce. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.