Faktor di Balik Kinerja Lesu Bank Daerah

Bank pembangunan daerah (BPD) mencatatkan kinerja laba yang lesu pada semester I/2023. Tren suku bunga acuan yang masih tinggi dinilai menjadi faktor utama penekan lesunya laba.

Fahmi Ahmad Burhan & Emanuel Berkah Caesario

10 Sep 2023 - 17.41
A-
A+
Faktor di Balik Kinerja Lesu Bank Daerah

Ilustrasi perbankan. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Kalangan bank pembangunan daerah atau BPD menjadi satu-satunya kelompok bank dengan kinerja laba yang melemah pada paruh pertama tahun ini. Bank-bank daerah ini tampaknya lebih sulit dalam beradaptasi terhadap tekanan suku bunga acuan yang meningkat.

Berdasarkan data Statistik Perbankan Indonesia yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK), laba bersih BPD hingga Juni 2023 mencapai Rp7,2 triliun, turun 7,57 persen secara tahunan (year-on-year/ YoY) dibandingkan laba bersih pada periode yang sama tahun sebelumnya Rp7,79 triliun.

Mengacu laporan keuangan, sejumlah BPD besar kompak mencatatkan penyusutan laba bersih mereka. Laba PT BPD Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJBR) atau Bank BJB, misalnya, turun 24 persen YoY menjadi Rp908,7 miliar pada semester I/2023.

PT BPD Jawa Timur Tbk. (BJTM) atau Bank Jatim juga mencatatkan penurunan laba bersih 11,67 persen YoY menjadi Rp720,14 miliar pada semester I/2023. Lalu, PT BPD Jawa Tengah (Bank Jateng) membukukan laba bersih sebesar Rp770,5 miliar selama semester I/2023, turun 16 persen YoY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.