Faktor Harga Kemahalan Jadi Penyebab Apartemen Tak Laku

Besaran harga apartemen dipengaruhi sejumlah hal yakni target pasar, lokasi pembangunan, fasilitas pendukung, hingga kualitas bangunan.

Yanita Petriella

1 Jul 2024 - 23.47
A-
A+
Faktor Harga Kemahalan Jadi Penyebab Apartemen Tak Laku

Ilustrasi apartemen. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Harga apartemen di kawasan Jakarta dan sekitarnya terbilang overprice atau kemahalan. Hal ini yang membuat masyarakat enggan melirik tinggal di apartemen pusat kota dan lebih memilih rumah tapak yang lokasinya jauh. 

CEO PT Leads Property Services Indonesia Hendra Hartono mengatakan properti residensial di Indonesia berbeda dengan kondisi di Jepang dan Singapura dimana harga rumah tapak cenderung lebih mahal ketimbang apartemen. Di Indonesia, apartemen terbilang produk mahal yang menyasar kalangan masyarakat menengah dan menengah ke atas. Hal ini yang membuat hunian rumah tapak lebih laris manis meskipun lokasinya jauh dari pusat kota Jakarta.

“Apartemen di Indonesia itu konotasi orang yang punya uang, mestinya apartemen itu yang affordable harganya menjangkau kalangan menengah dan menengah ke bawah di tengah keterbatasan lahan,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (1/7/2024). 

Adapun untuk apartemen menengah ke bawah harganya sekitar Rp17,4 juta per meter persegi, segmen menengah Rp24,5 juta per meter persegi, segmen menengah atas Rp33,4 juta per meter persegi, segmen atas Rp46,9 juta per meter persegi, dan segmen mewah Rp67,9 juta per meter persegi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.