Fase Kritis Polemik Minyak Goreng, Adakah Panaseanya?

Polemik minyak goreng di Indonesia makin pelik. Pada saat di tingkat hilir terjadi kelangkaan suplai untuk disalurkan ke pasaran, di tingkat hulu justru terjadi mogok produksi akibat cekaknya bahan baku CPO yang sesuai kriteria DMO dan DPO. Jika sudah begini, apa yang harus dilakukan pemerintah?

Wike D. Herlinda

19 Feb 2022 - 15.00
A-
A+
Fase Kritis Polemik Minyak Goreng, Adakah Panaseanya?

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi meninjau ketersediaan stok dan harga minyak goreng di Pasar Tambak Rejo, Surabaya, Jumat (18/2/2022)./dok. Kemendag

Bisnis, JAKARTA — Pemerintah makin galak mengejar para biang keladi kelangkaan minyak goreng kemasan di pasaran dalam beberapa pekan terakhir. Namun, di tengah makin ruewtnya polemik komoditas berbasis minyak sawit itu, akankah Kementerian Perdagangan berhasil mengeksekusi misinya?

Untuk diketahui, sehari setelah bertandang ke Makkasar, Sulawesi Selatan dan menemukan pasokan minyak goreng premium yang kosong di pasar tradisional, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi bertolak ke Surabaya untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) pasar pada Jumat (18/2/2022).

Di Ibu Kota Jawa Timur pun, Lutfi sekali lagi menemukan kasus serupa dengan di Makassar. Kali ini dia mendapati minyak goreng curah yang dijual di atas ketentuan harga eceran tertinggi (HET) Rp11.500/liter. 

(BACA JUGA: Biodiesel, Si Anak Emas Sawit yang Dipaksa Menjinakkan Migor)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
company-logo

Lanjutkan Membaca

Fase Kritis Polemik Minyak Goreng, Adakah Panaseanya?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.