FengGuang Mini EV, Calon Pesaing Mobil Listrik Wuling Hongguang

Dongfeng meluncurkan FengGuang Mini EV. Kesuksesan Wuling HongGuang Mini EV menjadi salah satu daya tarik pasar mobil mungil bertenaga setrum listrik.

Fatkhul Maskur
Jan 3, 2022 - 11:30 AM
A-
A+
FengGuang Mini EV, Calon Pesaing Mobil Listrik Wuling Hongguang

FengGuang Mini EV dari DongFeng. - Foto ANTARA/Ho

Bisnis, JAKARTA - Dongfeng meluncurkan FengGuang Mini EV. Kesuksesan  Wuling HongGuang Mini EV yang berharga miring itu menjadi salah satu daya tarik pasar mobil mungil bertenaga setrum listrik.

Terlepas dari kemiripan desain, spesifikasi, dan nama, kedua kendaraan itu sama sekali tidak terkait satu sama lain. Artinya Wuling dan Dongfeng memang akan bersaing di segmen mobil EV mungil, seperti dikutip Antara dari CarsCoops, Senin (3/1/2022).

Mobil mini milik Dongfeng memiliki panjang 2.995 mm, lebar 1.495 mm dan tinggi 1.640 mm dengan jarak sumbu roda 1.960 mm. Dimensi itu sedikit lebih besar dari pesaing utamanya.

Meski menggunakan ban yang sama-sama kecil, namun kedua mobil memiliki perbedaan pada bagian trim hitam di bumper depan, gril lebih lebar, pintu, garis jendela dan lampu belakang yang menyatu dengan potongan trim hitam yang memanjang.

Dalam hal powertrain, mobil mungil milik Dongfeng dibekali motor listrik tunggal bertenaga 34 hp (25 kW). Tenaga tersebut sudah terbilang cukup untuk kendaraan ringan yang akan digunakan di lingkungan perkotaan. 

Dongfeng FengGuang Mini EV akan debut pada kuartal pertama 2022, dengan harga ditaksir 5.000 dolar AS (Rp72 juta).

WULING HONGGUANG

Wuling Hongguang adalah jajaran MPV kompak yang diproduksi sejak September 2010 oleh SAIC-GM-Wuling. Selama 2013-2017, mobil ini dipasarkan sebagai Chevrolet Enjoy di India.

Wuling Hongguang Mini EV dirilis pertama kali di China pada Juli 2020. Mobil kendaraan listrik tiga pintu dan empat tempat duduk ini menjadi EV terlaris kedua global secara bulanan pada Agustus 2020.

Hanya dalam 9 bulan setelah dirilis di China, Wuling mencatatkan penjualan lebih dari 270.000 unit mobil listrik mungil ini. Tahun ini, Hongguang Mini EV ditargetkan mencatatkan penjualan 1,2 juta unit.

Mobil ini mempunyai panjang 2.917 mm, lebar 1,493 mm, dan tinggi 1,621 mm, dengan wheelbase 1,940 mm. Dengan ukuran itu, Hongguang Mini EV terbilang sangat kompak.

Hongguang Mini EV santer dikabarkan akan dipasarkan di Indonesia mulai tahun ini. Mobil ini sempat dipamerkan di acara peluncuran Wuling Center pada Rabu (27/10/2021) di Jakarta.

Di China mobil listrik mungil ini dijual mulai US$4.500 atau sekitar Rp64 jutaan.


Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar