Fenomena Industri Padat Karya Ramai Angkat Kaki dari Jawa Barat

Provinsi Jawa Tengah rupanya tengah menjadi primadona lokasi relokasi pabrik dari Jawa Barat. Pasalnya, upah minimum kota/kabupaten (UMK) di Jawa Tengah cenderung lebih rendah dibandingkan dengan kawasan industri di Jawa Barat dan Banten.

Yanita Petriella

9 Jun 2023 - 20.13
A-
A+
Fenomena Industri Padat Karya Ramai Angkat Kaki dari Jawa Barat

Pekerja di industri TPT. dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Provinsi Jawa Tengah rupanya tengah menjadi primadona lokasi relokasi pabrik dari Jawa Barat. Pasalnya, upah minimum kota/kabupaten (UMK) di Jawa Tengah cenderung lebih rendah dibandingkan dengan kawasan industri di Jawa Barat dan Banten. Apalagi kondisi ekonomi masih dalam proses pemulihan sehingga pabrik industri padat karya pun lebih memilih merelokasi pabriknya untuk menekan biaya operasional.

Berdasarkan catatan Bisnis, pada bulan Februari kemarin sebanyak 14 pabrik garmen di Jawa Barat, tepatnya di Bogor dan Purwakarta mengancam akan memindahkan basis produksinya imbas dari tingginya upah yang harus dibayarkan.

Sebelumnya, pada 2022 lalu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga menyebutkan bahwa provinsi yang dipimpinnya itu menerima pindahan 97 perusahaan sepanjang Januari hingga awal Desember 2022.

Dilihat dari UMK, di Jateng tercatat UMK terendah sebesar Rp1.958.169,69 ada di Kabupaten Banjarnegara dan tertinggi sebesar Rp3.060.348,78 di Kota Semarang. Sementara itu,  UMK Jawa Barat terendah terdapat di Kota Banjar sebesar Rp1.998.119,05 serta tertinggi Kabupaten Karawang sebesar Rp5.176.179,07. Besaran UMK di Banten tahun 2023, yakni terendah Kabupaten Pandeglang Rp2.980.351,46 dan tertinggi Kota Serang Rp4.090.799,01.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.