Ferrari SP48 Unica, Kuda Jingkrak Satu-satunya dari Maranello

SP48 Unica adalah sport berlinetta dua tempat duduk yang ditenagai oleh V8 twin-turbo yang sama dengan F8 Tributo.

Fatkhul Maskur

8 Mei 2022 - 20.30
A-
A+
Ferrari SP48 Unica, Kuda Jingkrak Satu-satunya dari Maranello

Ferrari SP48 Unica. Foto Ferrari

Bisnis, JAKARTA – Ferrari SP48 Unica menjadi tambahan terbaru untuk seri Kuda Jingkrak One-Off dan resmi bergabung dengan grup paling eksklusif di seluruh produksi Maranello.

Ferrari SP48 Unica adalah mobil unik yang dipesan lebih dahulu, dibuat dengan spesifikasi untuk satu klien, dan dirancang sebagai ekspresi dari kebutuhan individu.

SP48 Unica dirancang oleh Ferrari Styling Center di bawah arahan Flavio Manzoni, Chief Design Officer. Ia adalah mobil sport berlinetta dua tempat duduk yang dikembangkan pada platform F8 Tributo. 

Garis-garisnya yang tegas dan sikap agresif membuatnya langsung dikenali dari model aslinya, dan tidak salah lagi, berkat profil depannya yang berbentuk panah. Inti untuk mencapai efek ini adalah desain ulang lampu depan dan relokasi berikutnya dari intake udara rem.

Aspek penting dari desain mobil yang unik ini adalah penggunaan ekstensif teknik pemodelan prosedural-parametrik dan prototipe 3D (manufaktur aditif) yang memungkinkan perancang Pusat Styling Ferrari dan insinyur Maranello untuk sepenuhnya mendesain ulang kisi-kisi depan dan saluran masuk udara mesin. 

Proses produksi lanjutan ini menghasilkan kisi-kisi 3D sempurna yang tampak diukir dari volume padat yang menciptakan rasa kontinuitas tanpa batas dan fluiditas dinamis.

Solusi grafis yang diadopsi pada dialog bodywork langsung dengan kisi-kisi dan memengaruhi desain keseluruhan SP48 Unica: transisi dari hitam - yang mencakup jendela, atap, dan penutup mesin - ke warna bodi sangat jelas. Efek visor depan yang mencolok semakin ditingkatkan dengan pengurangan ukuran jendela samping dan penghilangan layar belakang, yang menonjolkan kekokohan SP48 Unica yang tampak terpahat dari satu balok logam.

Tampilan rencana menekankan bagian tengah atap yang mencakup representasi grafis dari saluran masuk udara yang dipasang ke bagian belakang penutup mesin serat karbon sebelum sayap belakang. Sudut ini memungkinkan pemirsa dibuat kagum pada gaya P48 Unica dan mengungkapkan interaksi canggih dari simetri dan garis berpotongan yang diciptakan oleh bentuknya.

Desain termal-fluida-dinamis SP48 Unica telah diasah dan disempurnakan untuk menjamin memenuhi semua persyaratan pendinginan, selain memberikan keseimbangan aerodinamis. Perubahan terbesar dibandingkan dengan gaya F8 Tributo ialah intake udara untuk aliran pendinginan mesin di bumper depan dan di bawah spoiler belakang. 

Masing-masing memiliki kisi-kisi prosedural yang dalam, setiap bagian dimiringkan secara optimal untuk memaksimalkan jumlah udara yang lewat. 

Konfigurasi mobil juga memungkinkan para insinyur untuk menempatkan asupan intercooler tepat di belakang jendela samping, yang pada gilirannya memungkinkan mereka untuk mengurangi dimensi asupan di sisi. Overhang belakang yang lebih panjang mengurangi hisapan dari area atap, meningkatkan downforce belakang.

Meskipun kabin mempertahankan identitas teknis F8 Tributo, pengembangan yang cermat dicurahkan untuk mencapai kombinasi warna dan trim yang sempurna untuk mencerminkan kepribadian SP48 Unica yang ramping, sportif, dan agresif. Contohnya adalah Alcantara berlubang laser hitam pada kursi dan sebagian besar trim kabin, di bawahnya terdapat kain oranye kemerahan warna-warni yang cocok dengan warna eksterior. 

Motifnya mengambil motif heksagonal dari kisi-kisi dan livery prosedural di atap, menciptakan kontinuitas yang menarik antara interior dan eksterior mobil. Di kokpit SP48 Unica, mata langsung tertuju pada penutup ambang jendela yang dipoles dengan motif heksagonal timbul laser yang sama. Serat karbon matte mengilhami kokpit dengan rasa teknis dan eksklusivitas, dan dilengkapi dengan aksen Grigio Canna di Fucile.

Didesain untuk klien lama yang terlibat secara mendalam dalam setiap langkah pembuatannya, Ferrari SP48 Unica satu-satunya adalah interpretasi berani dari sebuah mobil sport dan secara cerdik meningkatkan jiwa balap dan panggilannya untuk kecepatan. 

SP48 Unica mencapai tujuannya untuk mengubah model yang ada menjadi efek yang luar biasa, mengambil inspirasi dari dan memberi penghormatan kepada nilai-nilai inti inovasi dan semangat perusahaan.

SP48 Unica dilahirkan dari proyek khusus One-Offs Ferrari. Keunikan Kuda Jingkrak satu-satunya ini ditandai dengan desain eksklusif yang dibuat berdasarkan kebutuhan setiap klien individu untuk memastikan masing-masing menjadi pemilik model yang benar-benar unik. 

Setiap proyek berawal dari ide yang diajukan oleh klien dan kemudian dikembangkan bersama tim desainer dari Ferrari's Styling.

Setelah menentukan proporsi dan bentuk mobil, cetak biru desain terperinci dan gaya yang lebih baik diproduksi sebelum pembangunan One-Off baru dimulai. Seluruh proses berlangsung rata-rata lebih dari satu tahun, selama waktu itu klien terlibat erat dalam menilai fase desain dan verifikasi. 

Hasil? Sebuah Ferrari unik dengan logo Kuda Jingkrak dan direkayasa dengan standar keunggulan yang sama seperti setiap mobil yang diluncurkan dari jalur perakitan Maranello.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.