FMCBG Putaran Kedua, Menguji Cara G20 Tangani Isu Rusia

Pertemuan tersebut memiliki nuansa yang berbeda dibandingkan dengan pertemuan putaran pertama di Indonesia. Pada putaran kedua, isu geopolitik Rusia-Ukraina menjadi gangguan tersendiri.

Saeno

16 Apr 2022 - 12.40
A-
A+
FMCBG Putaran Kedua, Menguji Cara G20 Tangani Isu Rusia

Pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral anggota G20 pada 20 April mendatang menjadi ujian bagi G20 untuk memisahkan isu geopolitik dari pembicaraan./Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Pertemuan putaran kedua para menteri dan gubernur bank sentral anggota G20 akan berlangsung di Washington, 20 April 2022. Pertemuan tersebut memiliki nuansa yang berbeda dibandingkan dengan pertemuan putaran pertama di Indonesia. Pada putaran kedua, isu geopolitik Rusia-Ukraina menjadi gangguan tersendiri.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen pernah menyatakan akan memboikot kelanjutan kegiatan G20 jika Rusia tetap terlibat.  Dengan kondisi Washington sebagai lokasi pertemuan putaran kedua para menteri keuangan dan gubernur banki sentral, ucapan Yellen pun seakan diuji. Mungkinkah Yellen tak hadir dalam kegiatan G20 yang digelar di Washington? Apa pun yang terjadi pada 20 April nanti, semuanya akan mencerminkan bagaiman G20 merespons isu geopolitik yang membuat perekonomian dunia menjadi “meriang”.  

Saat berbicara di depan parlemen AS, Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan para pejabat AS tidak akan ambil bagian dalam beberapa pertemuan G20 tahun ini, jika Rusia diizinkan untuk berpartisipasi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

FMCBG Putaran Kedua, Menguji Cara G20 Tangani Isu Rusia

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.