FOKUS Harbolnas; Unjuk Gigi Sektor Konsumsi

Nilai penjualan pada perhelatan Harbolnas pada 2022 senilai Rp22,7 triliun. Dari total belanja itu, penjualan dari produk lokal menyumbang sekitar Rp10 triliun.

Stefanus Arief Setiaji & Rahmad Fauzan

11 Des 2023 - 08.02
A-
A+
FOKUS Harbolnas; Unjuk Gigi Sektor Konsumsi

Pelaku UMKM sedang menjual produknya melalui lokapasar. /Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Memasuki pengujung tahun, putaran roda ekonomi di dalam negeri masih cukup terjaga. Selain agenda kampanye politik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 hingga Februari mendatang, perhelatan puncak Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas jadi momentum ‘menguras’ dompet konsumen.

Membuka ajang UMKM Expo(rt) Brilianpreneur yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Presiden Joko Widodo menyinggung pentingnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masuk ke pasar global dengan memanfaatkan digitalisasi.

Dalam setiap ajang yang melibatkan UMKM, isu digitalisasi dan daya saing dengan produk luar negeri, selalu menjadi perhatian. Meski jutaan pemain UMKM telah memanfaatkan teknologi, daya saingnya dinilai masih kurang.

“Kalau kita lihat memang masih belum besar ekspor produk UMKM [itu] baru 15,7%. masih di bawah Singapura 41%. Thailand itu 29%. ini yang menjadi pekerjaan besar,” kata Presiden Jokowi, Kamis (7/12).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
company-logo

Lanjutkan Membaca

FOKUS Harbolnas; Unjuk Gigi Sektor Konsumsi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.