Fondasi Kuat Indonesia Menjadi Pusat Manufaktur Dunia

Indonesia memiliki fondasi ekonomi kuat dengan berbagai kebijakan untuk mendukung investasi manufaktur.

Fatkhul Maskur

5 Jun 2024 - 10.56
A-
A+
Fondasi Kuat Indonesia Menjadi Pusat Manufaktur Dunia

Pada 2023, Indonesia mengalami peningkatan penanaman modal asing langsung (foreign direct investment/FDI) dalam bidang manufaktur, dengan peningkatan sebesar US$4 miliar sehingga mencapai total US$28,7 miliar. - Foto JLL

Bisnis, JAKARTA – JLL, perusahaan real estate komersial dan manajemen investasi global, menyebutkan bahwa Indonesia menjadi penerima manfaat besar dari perusahaan yang mendiversifikasi manufakturnya untuk melengkapi basis produksi di China.

Dalam laporan JJL bertajuk Beyond China: Asia's Next Manufacturing Powerhouse, disebutkan bahwa selama beberapa tahun terakhir, sejumlah perusahaan telah memulai penjajakan relokasi manufaktur mereka keluar dari China.

Di Asia Pasifik, tren near/re/friend shoring ini telah membuahkan strategi China+1, yang mana perusahaan menambahkan basis manufaktur tambahan di luar China untuk mencegah gangguan terhadap rantai pasokan dengan mengurangi ketergantungan terhadap satu negara.

Berdasarkan analisis JLL, dampak utama telah dirasakan di negara tujuan, terutama di Asia Tenggara dan India.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.