Free

Forum BUMN 2024; Mempercepat Panduan untuk Bisnis Berkelanjutan

Dalam sejarah OECD, tidak pernah ada satu bagian atau chapter tambahan yang spesifik membahas mengenai keberlanjutan.

Leo Dwi Jatmiko

30 Apr 2024 - 12.30
A-
A+
Forum BUMN 2024; Mempercepat Panduan untuk Bisnis Berkelanjutan

Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari memberikan paparan saat BUMN Forum 2024 di Jakarta, Selasa (30/4/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA – Isu mengenai keberlanjutan menjadi topik hangat dan terus dibicarakan di berbagai forum-forum internasional. Harapannya membangun kebijakan yang apik untuk kehidupan yang lebih baik. Pemerintah Indonesia tidak tinggal diam dan ikut berkontribusi akan hal tersebut.

Sekretaris Kementerian Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rabin Indrajad Hattari mengatakan bahwa instansinya berencana mengeluarkan regulasi panduan perihal bisnis berkelanjutan.

BUMN, tambah Robin, tidak hanya dituntut untuk menghasilkan keuntungan tetapi juga menghasilkan kontribusi untuk pembangunan ekonomi dan sosial berkelanjutan.

Baca juga: BUMN Forum 2024; Transformasi Menghasilkan Kinerja Apik

“Kementerian BUMN berkomitmen untuk terus memperkuat dalam memperkuat pembangunan ekonomi berkelanjutan sejalan dengan revisi OECD [Organisation for Economic Co-operation and Development], di mana di dalamnya akan ada penambahan satu pembahasan baru yaitu pembahasan itu bernama chapter keberlanjutan,” katanya dalam Bisnis Indonesia BUMN Forum 2024, Selasa (30/4/2024). 

Dia mengatakan dalam sejarah OECD, tidak pernah ada satu bagian atau chapter tambahan yang spesifik membahas mengenai keberlanjutan.  

Penambahan pembahasan tersebut, lanjutnya, membuktikan bahwa BUMN di dunia, tidak hanya di Indonesia, melihat isu keberlanjutan sebagai sesuatun yang sangat penting. 

Dengan Indonesia ingin menjadi bagian dari OECD, Kementerian BUMN akan membuat  regulasi panduan  yang memastikan untuk tindak lanjut praktik di dunia internasional mengenai keberlanjutan. 



"Kementerian BUMN akan memastikan efektivitas peran Board Of Director (BOD) dan Board Of Commisioner (BOC) dalam meningkatkan keterbukaan dan transparansi sebagai wujud responsible business conduct. Ini merupakan satu bentuk tanggung jawab kami sebagai society, bukan pemerintah," kata Rabin. 

Diketahui, Bisnis Indonesia menggelar Bisnis Indonesia BUMN Forum 2024 yang mengusung tema "Penguatan Kontribusi BUMN untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan”. 

Baca juga: Forum BUMN 2024: Regulasi Panduan untuk Bisnis Berkelanjutan Dikebut

Dalam periode lima tahun ke belakang, BUMN sebagai perusahaan pelat merah telah menorehkan berbagai prestasi yang telah berkontribusi bagi pemasukan negara. Orientasi untuk mengedepankan sustainability harus terus selaras dengan pengembangan dan ekspansi bisnis perusahaan BUMN. 

Hal ini dibutuhkan agar perusahaan-perusahaan BUMN dapat terus konsisten untuk memberi manfaat bagi masyarakat. Forum ini akan dihadiri lebih dari 100 peserta yang terdiri dari regulator, pelaku dunia usaha, asosiasi, akademisi, hingga umum yang berlokasi di Dian Ballroom B, Raffles Hotel, Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.