Freeport Indonesia Ikut Dorong Pertumbuhan Ekonomi Papua

Sektor pertambangan dan penggalian merupakan kontributor terbesar terhadap tingginya angka pertumbuhan ekonomi Papua pada kuartal III/2021 sebesar 37,56% (YoY).

Akhirul Anwar

16 Des 2021 - 10.55
A-
A+
Freeport Indonesia Ikut Dorong Pertumbuhan Ekonomi Papua

Pelabuhan Jayapura Papua/Bisnis

Bisnis, JAKARTA — Papua mencatat kinerja paling moncer sebagai provinsi dengan angka pertumbuhan ekonomi tertinggi tingkat nasional pada kuartal III/2021 sebesar 14,54%.

Angka ini jauh berada di atas angka pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III/2021 yang hanya 3,51%.

Kegiatan pertambangan yang dilakukan PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kabupaten Mimika merupakan salah satu kontributor utama tingginya angka pertumbuhan ekonomi Papua di kurun waktu tersebut.

Ilustrasi area tambang Freeport/Antara

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut sektor pertambangan dan penggalian merupakan kontributor terbesar terhadap tingginya angka pertumbuhan ekonomi Papua di kuartal III/2021 dengan pertumbuhan 37,56% (year-on-year/YoY).

“Tingginya angka pertumbuhan ekonomi Papua di kuartal III/2021 tidak terlepas dari kontribusi sektor pertambangan dan penggalian, termasuk oleh PT Freeport Indonesia, sebagai salah satu sektor vital yang mampu menggerakkan perekonomian Papua di tengah segala tantangan pandemi,” ujar Kepala BPS Provinsi Papua Adriana Helena Robaha dalam keterangannya dikutip, Rabu (15/12).

Menurutnya, tanpa dukungan sektor pertambangan dan penggalian, produk domestik regional bruto (PDRB) atas dasar harga konstan (ADHK) Papua hanya tumbuh 2,42% pada kuartal III/2021.

Tingginya kontribusi PTFI terhadap pencapaian angka pertumbuhan ekonomi Papua ini berbanding lurus dengan peningkatan produksi PTFI di sepanjang kuartal III/2021.

Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan produksi bijih tembaga PTFI sepanjang Juli—September 2021 mencapai 956 juta ton atau naik 76,05 % dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY).

Sementara itu, angka produksi emas PTFI mencapai 968.000 ounce atau meningkat 67,76 % (YoY).

“PT Freeport Indonesia bersyukur bahwa peningkatan produksi kami turut menggenjot pertumbuhan ekonomi yang signifikan bagi Papua di kuartal III/2021,” katanya.

Peningkatan produksi PTFI juga berjalan beriringan dengan upaya PTFI meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar area operasinya, yang secara tidak langsung turut menjadi kontributor tingginya angka pertumbuhan ekonomi Papua.

Pesawat perintis di lapangan udara Freeport/Antara

Di tengah segala dampak pandemi Covid-19, PTFI bersama Pemerintah Kabupaten Mimika, Keuskupan Timika, Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), dan berbagai mitra lainnya terus berupaya menjaga daya tahan ekonomi masyarakat melalui berbagai program bantuan langsung, pembangunan, dan pengembangan kapasitas masyarakat untuk berwirausaha.

“Pemerintah Kabupaten Mimika mengapresiasi inisiatif PTFI untuk membangun Papua, khususnya Mimika.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika Yohana Paliling mengatakan pembangunan oleh PTFI tidak hanya terwujud melalui tingginya pertumbuhan ekonomi Papua, tetapi juga tecermin dari peningkatan kesejahteraan masyarakat.

PTFI menyatakan bakal terus mewujudkan komitmennya untuk berkontribusi terhadap Papua dengan mengedepankan kolaborasi dan sinergi bersama pemerintah dan pemangku kepentingan lain untuk mendukung pemerintah dalam sustainable development goals (SDGs).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.