FREN Panaskan Kompetisi Pasar Fixed Broadband via Quadplay

FREN menargetkan dapat merangkul minimum 30%—40% dari total pelanggan layanan Oxygen.id—milik PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo)—sebagai pelanggan baru mereka melalui layanan Quadplay.  

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

1 Nov 2021 - 11.26
A-
A+
FREN Panaskan Kompetisi Pasar Fixed Broadband via Quadplay

Pelanggan menunggu pelayanan di gerai Smartfren, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (5/1/2019)./Bisnis-Endang Muchtar

Bisnis, JAKARTA — Persaingan bisnis operator seluler di pasar internet tetap makin memanas setelah PT Smartfren Telecom Tbk. menghadirkan layanan Quadplay guna menjaring lebih banyak basis pelanggan.

Perusahaan telekomunikasi berkode saham FREN menargetkan dapat merangkul minimum 30%—40% dari total pelanggan layanan Oxygen.id—milik PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo)—sebagai pelanggan baru mereka melalui layanan Quadplay.    

Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim mengatakan produk Quadplay—produk paket layanan bergerak (mobile broadband) dan tetap ( fixed broadband)—sebenarnya sudah ada sejak 4 hingga 5 tahun lalu. 

Hanya saja, saat itu paket produk masih bersifat kerja sama antara dua entitas sehingga kerja sama kurang optimal. 

Djoko menuturkan produk Quadplay yang diluncurkan belum  lama ini adalah layanan Quadplay sesungguhnya. Dengan memiliki 20,5% saham Moratelindo, Smartfren akan masuk lebih dalam ke pasar Oxygen.id melalui Quadplay. 

“Kami dan Oxygen.id sudah afiliasi. Jadi nanti kami bisa satu sistem penagihan (billing system)” kata Djoko kepada Bisnis, akhir pekan lalu.

Tidak hanya itu, kata Djoko, keunggulan produk ini dibandingkan dengan produk lainnya—XL Satu Fiber dan Triple Play IndiHome—adalah pelanggan bisa mendapatkan internet rumah Oxygen.id, saluran TV kabel premium dan video on demand (VoD).

Para pelanggan juga bisa mengakses konten over the top (OTT), satu nomor telepon rumah bebas abonemen dan kuota nonstop untuk paket data seluler, serta melakukan melakukan panggilan gratis ke seluruh pelanggan Smartfren. 

Sekadar catatan, jika merujuk penyebaran jaringan Oxygendi.id yang berada di Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Medan, Jambi, Denpasar, Pontianak dan Pangkal Pinang; maka layanan Smartfren akan masuk ke daerah-daerah tersebut juga nantinya. 

Smartfren tidak hanya mendapat tambahan dari akuisisi pelanggan Oxygen.id juga kualitas pelanggan yang lebih loyal. Tidak sekali pakai putus. 

“Kualitasnya juga tinggi karena kami menggunakan jaringan serat optik milik sendiri [Moratelindo] Target kami kira-kira minimum 30%—40% dari total pelanggan Oxygend.id” kata Djoko. 

Per Oktober 2021 jumlah pelanggan Oxygen.id  diklaim telah mencapai 100.000 pelanggan, Moratelindo menargetkan jumlah pelanggan Oxygen.id tumbuh dua kali lipat tahun depan menjadi 200.000 pelanggan. 

Jika Smartfren menargetkan 30% pelanggan Oxygen.id, artinya sekitar 60.000 pelanggan Oxygen.id pada tahun depan akan menggunakan produk Quadplay yang baru diluncurkan. 

True Quadplay Smartfren memiliki tiga layanan yaitu Squad 25 dengan harga Rp378.000/ bulan, Squad 50 dengan harga Rp486.000/ bulan, dan Squad 100 dengan harga Rp648.000.

PANGSA PASAR

Adapun, perumahan kelas menengah ke atas dan keluarga menjadi target dari produk True Quadplay. Meski layanan yang diberikan lengkap, namun dari sisi harga cukup mahal bahkan untuk kelas paling murah Quad 25, yang dibanderol dengan harga Rp378.000.

Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) Galumbang Menak mengatakan kelebihan dari produk Quadplay adalah layanan fix telepon dan layanan seluler yang tergabung menjadi satu produk. Baik XL Axiata maupun IndiHome tidak memiliki kedua hal tersebut.  

IndiHome sejauh ini hanya menjual layanan triple play di mana pengguna berkesempatan memiliki produk internet rumah, layanan TV kabel, dan fix telepon. Sementara itu, XL hanya menggabungkan layanan internet bergerak, internet tetap  dan TV kabel. 

Quadplay hasil kolaborasi Moratelindo dengan Smartfren menggabungkan empat layanan menjadi satu produk. 

“Target True Quadplay adalah keluarga. Kalau di luar negeri sudah banyak,” kata Galumbang kepada Bisnis, Sabtu (31/10). 

Galumbang mengatakan beberapa operator di luar negeri cenderung menawarkan produk dalam paket keluarga. Alhasil, satu keluarga memiliki nomor dari penyedia layanan telekomunikasi yang sama. 

Dengan bernaung dalam satu wadah operator yang sama, maka masyarakat dapat melakukan panggilan suara secara lebih murah. 

Galumbang menuturkan saat ini produk Quadplay hanya diberikan kepada pelanggan Oxygen.id. Meski demikian, ke depannya, para pelanggan MyRepublic juga berpeluang mendapatkan produk Quadplay tersebut. “MyRepublic kan satu grup juga,” kata Galumbamg. 

Galumbang mengatakan saat ini jumlah pelanggan Oxygen.id mencapai 100.000 pelanggan, perseroan menargetkan pada tahun depan sebanyak 200.000-an pelanggan. 

Produk terbaru Moratelindo dengan Smartfren menjadi salah satu strategi untuk menarik lebih banyak pelanggan. Produk tersebut memberikan layanan yang lengkap dengan harga terjangkau.

“Khususnya untuk perumahan-perumahan kelas atas seharusnya mereka tertarik dengan produk ini,” kata Galumbang. 

Pelanggan menunggu pelayanan di gerai Smartfren, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (5/1/2019)./Bisnis-Endang Muchtar

Sekadar informasi, pada Oktober 2021, average revenue per user (ARPU) dari layanan seluler Smartfren mencapai Rp29.000. Sementara itu, harga terendah dari produk bundel Quadplay adalah Rp378.000 per bulan. 

Seandainya harga layanan internet rumah dan telepon Quadplay mencapai Rp300.000 per bulan, maka Smartfren dapat memperoleh keuntungan sekitar Rp78.000 per bulan atau dua kali lipat lebih dari ARPU yang ada saat ini.

Jumlah ini hanya perkiraaan karena bisa saja pendapatan yang diperoleh FREN lebih besar atau lebih kecil.  

Hingga Oktober 2021, Smartfren mengeklaim telah memiliki 32,5 juta pelanggan. Sementara itu Oxygen.id memiliki lebih dari 100.000 pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike D. Herlinda

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.