Gairah Investor Asing Memanas Berburu Saham Bank Kakap

Saham bank-bank besar menjadi incaran utama investor asing sepanjang tahun ini, terlihat dari nilai beli bersih investor asing yang sangat tinggi di sektor ini. Prospek sektor ini pun diyakini cukup menjanjikan hingga akhir tahun ini.

Emanuel Berkah Caesario

28 Mar 2022 - 14.00
A-
A+
Gairah Investor Asing Memanas Berburu Saham Bank Kakap

Pegawai melintas di dekat layar yang menampilkan logo Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Senin (24/1/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA — Investor asing cukup agresif dalam mengoleksi saham emiten perbankan papan atas sepanjang tahun ini. Sebanyak 5 dari 10 emiten dengan porsi pembelian terbesar investor asing sepanjang tahun ini adalah saham emiten bank.

Hingga sesi pertama perdagangan hari ini, Senin (28/3), investor asing tercatat telah melakukan aksi beli yang lebih besar ketimbang aksi jual di pasar saham Indonesia. Alhasil, investor asing tercatat net buy dengan nilai Rp29,17 triliun.

Kurang dari Rp10 triliun lagi, nilai tersebut bakal menyamai nilai net buy sepanjang tahun lalu yang sebesar Rp37,97 triliun. Mayoritas dari nilai net buy asing pada tahun ini mengalir ke saham-saham perbankan besar.

Secara terperinci, aksi beli terbesar investor asing secara year-to-date (YtD) terjadi di saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) yakni senilai Rp7,4 triliun. Selanjutnya, di posisi kedua dan satu-satunya sektor nonbank yakni PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) senilai Rp5,6 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.