Gairah Korporasi Berburu Kredit Tak Kunjung Bangkit

Meski masih tetap tumbuh, permintaan kredit dari kalangan korporasi besar cenderung melemah. Kalangan perbankan pun masih terus berupaya memacu penyaluran kredit ke segmen ini.

Fahmi Ahmad Burhan & Emanuel Berkah Caesario

20 Jun 2023 - 16.59
A-
A+
Gairah Korporasi Berburu Kredit Tak Kunjung Bangkit

Ilustrasi kesepakatan kredit. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Laju permintaan kredit di kalangan pelaku usaha besar atau korporasi cenderung masih lesu hingga Mei 2023, menandakan sikap pelaku usaha yang tampaknya masih cenderung berhati-hati dalam mengakselerasi ekspansi bisnis mereka usai pandemi mereda.

Perlambatan tersebut terlihat dari data Survei Penawaran dan Permintaan Pembiayaan Perbankan yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI). Berdasarkan data tersebut, kebutuhan pembiayaan korporasi pada Mei 2023 terindikasi tetap tumbuh positif, tetapi tidak setinggi bulan sebelumnya.

Hal tersebut tecermin dari saldo bersih tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi sebesar 12,5 persen, lebih rendah dari SBT 19,8 persen pada April 2023. Kinerja kredit korporasi justru berlawanan dengan kinerja kredit secara keseluruhan yang tercatat meningkat, dengan SBT sebesar 82,6 persen, naik dari April 2023 yang hanya 68,9 persen.

Masih lesunya kredit korporasi ini dikarenakan terjadi perlambatan yang dialami terutama pada sektor pertambangan. Kemudian, penurunan terjadi pada sektor perdagangan dan sektor infokom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.