Gairah Manufaktur dan Neraca Dagang

Nilai impor bahan baku/penolong dan barang modal pada April tahun ini yang cenderung meningkat dibandingkan dengan periode yang sama 2023 memberikan sinyal positif mulai bergairahnya industri manufaktur di dalam negeri.

Hendra Wibawa

16 Mei 2024 - 07.52
A-
A+
Gairah Manufaktur dan Neraca Dagang

Laju ekonomi Indonesia berpotensi masuk jalur cepat, setelah pada awal tahun sempat tersendat di jalur lambat. Deru mesin ekonomi nasional juga mulai menguat sejalan dengan perbaikan kinerja perdagangan pada awal kuartal II/2024.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor pada April 2024 mencapai US$19,62 miliar atau naik 1,72% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu US$19,28 miliar. Adapun, total impor pada bulan yang sama 2024 mencapai US$16,06 miliar atau terkerek 4,62% dibandingkan dengan April 2023 yang hanya US$15,35 miliar.

Menariknya, nilai impor bahan baku/penolong dan barang modal pada April tahun ini cenderung meningkat dibandingkan dengan periode yang sama 2023. Hal ini memberikan sinyal positif mulai bergairahnya industri manufaktur di dalam negeri yang menyerap bahan baku/penolong dan barang modal.

Sinyal positif itu diperkuat dengan Purchasing Managers' Index (PMI) Manufaktur Indonesia yang tetap masuk zona ekspansif di level 52,9 pada April, lebih baik dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu pada level 52,7.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.