Gaji Juru Parkir Pesawat, Ini Angkanya Jika Anda Ingin Tahu

Menurut situs Ziprecruiter, seperti dikutip Tempo, Minggu (7/11/2021) gaji juru parkir pesawat di Indonesia, per tahun, bisa mencapai di atas lima ratus juta rupiah.

Hadijah Alaydrus

7 Nov 2021 - 14.37
A-
A+
Gaji Juru Parkir Pesawat, Ini Angkanya Jika Anda Ingin Tahu

Saat pesawat mendarat di landasan pacu, Marshaller akan memberikan petunjuk kepada pilot untuk memarkirkan pesawatnya. Rinanda Asti Wibowo, adalah Marshaller perempuan pertama Halim Perdanakusuma. Bertugas dengan tongkat orange menyala di tangan, dia menjadi bagian penting dalam dunia penerbangan./Twitter - @AngkasaPura_2

Bisnis, JAKARTA -  Aircraft marshaller atau bisa disebut juru parkir pesawat merupakan bagian penting dalam dunia kedirgantaraan. Tidak mengherankan jika profesi ini menawarkan gaji yang lumayan.

Menurut situs Ziprecruiter, seperti dikutip Tempo, Minggu (7/11/2021) gaji juru parkir pesawat di Indonesia, per tahun, bisa mencapai di atas lima ratus juta rupiah.

Juru parkir pesawat secara umum bekerja selama 13 jam, kadang bisa lebih jika masih terdapat jadwal penerbangan.  Faktar tersebut menunjukkan krusialnya profesi juru parkir pesawat atau aircraft marshaller ini.  

Dapat dibayangkan, betapa repot dan semrawutnya bandara jika marshaller atau juru parkir pesawat tidak ada ketika pilot akan mendaratkan pesawatnya atau ketika bersiap keluar dari tempat parkir menuju landas pacu.

Begitu lah, profesi di sektor penerbangan tidak hanya diisi pilot atau pramugari. Industri yang padat modal ini memerlukan banyak support system, termasuk kehadiran kru darat atau ground crew.

Mereka punya tanggung jawab untuk membantu penumpang saat proses check in, boarding, disembarking, menangani bagasi penumpang, serta menjual tiket.

Profesi ground crew sama pentingnya dengan pramugari dan pramugara.

Tanggung jawab ground crew, dikutip dari campus.quipper.com, meliputi:

1. Memberikan pelayanan kepada penumpang pesawat di konter maskapai penerbangan di dalam bandara.

2. Melayani penumpang pesawat terbang mulai dari prosedur check in, penerbitan boarding pass, penitipan bagasi, dan pengecekan visa paspor.

3. Memandu penumpang.

4. Mendukung operasional pesawat.

Seorang ground crew minimal harus lulusan SMA, SMK, STM maupun TKJ. Mengutip dari Sekolahpenerbangan.com, lulusan TKJ dan SMA memiliki peluang yang setara untuk menjadi staf penerbangan selama memenuhi syarat.

Selain itu, untuk menjadi ground crew seseorang harus memiliki berat badan dan tinggi yang ideal.

Ada beberapa skill yang harus dikuasai jika ingin menjadi ground crew, yaitu:

1. Keterampilan berkomunikasi

2. Kemampuan manajerial

3. Kemampuan berpikir logis

4. Kemampuan melakukan analisis

5. Penguasaan bahasa asing

Kisaran gaji pokok ground crew di industri penerbangan Indonesia mencapai Rp 2 juta – 4 juta per bulan. Dikutip dari p3nusantara.co.id, gaji tersebut belum termasuk bonus atau insentif, tunjangan jabatan maupun tunjangan kehadiran.

Sementara itu, berdasarkan situs Ziprecruiter, juru parkir pesawat di Indonesia, per tahun rata-rata gaji bisa mencapai Rp 622.957.783.

Juru parkir pesawat secara umum bekerja selama 13 jam, kadang bisa lebih jika masih terdapat jadwal penerbangan.

Masih dari sumber yang sama hitungan gaji per jam terhitung US$21 atau sama dengan Rp 383.481. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.