Gandeng Umicore, Grup VW Amankan Pasokan Bahan Baterai

Volkswagen melalui anak perusahaannya PowerCo menggandeng Umicore untuk mengamankan pasokan bahan prekursor dan katoda di tengah ancaman kompetisi yang makin ketat mendapatkan material baterai. Kedua perusahaan menyiapkan investasi 3 miliar euro atau sekira Rp43,8 triliun.

Fatkhul Maskur

27 Sep 2022 - 10.01
A-
A+
Gandeng Umicore, Grup VW Amankan Pasokan Bahan Baterai

PowerCo dan Umicore mendirikan usaha patungan untuk produksi bahan baterai Eropa. Dari kiri ke kanan: Thomas Schmall, Anggota Dewan Grup untuk Teknologi di Volkswagen AG dan Ketua Dewan Pengawas PowerCo SE; Jorg Teichmann, Chief Procurement Officer PowerCo; Ralph Kiessling, EVP Energi & Teknologi Permukaan di Umicore; dan CEO Umicore Mathias Miedreich. Foto Volkswagen

Bisnis, JAKARTA - Volkswagen melalui anak perusahaannya PowerCo menggandeng Umicore untuk mengamankan pasokan bahan prekursor dan katoda di tengah ancaman kompetisi yang makin ketat mendapatkan material baterai kendaraan listrik. Kedua perusahaan menyiapkan investasi senilai 3 miliar euro atau sekira Rp43,8 triliun untuk membangun pabrik barunya.

PowerCo merupakan perusahaan baterai baru dari Grup Volkswagen, adapun Umicore merupakan grup teknologi material sirkular Belgia. Mereka bersepakat untuk mendirikan usaha patungan yang akan memproduksi bahan prekursor dan katoda di Eropa. Pabrik ini ditargetkan mulai berproduksi pada 2025.

Thomas Schmall, Anggota Dewan Grup untuk Teknologi di Volkswagen AG dan Ketua Dewan Pengawas PowerCo SE, mengatakan bahwa bahan katoda adalah sumber daya strategis yang sangat diperlukan untuk produksi baterai, terhitung sekitar 50 persen dari nilai sel keseluruhan. Akses langsung dan jangka panjang ke kapasitas yang luas merupakan keunggulan kompetitif.

"Kami sedang menyiapkan rantai pasokan yang berkelanjutan dan transparan dengan standar lingkungan dan sosial yang tinggi, melokalkan penciptaan nilai di sini di Eropa,” katanya pada penandatanganan JV.

Mulai tahun 2025 dan seterusnya, perusahaan patungan ini akan memasok bahan-bahan utama ke pabrik-pabrik sel baterai Eropa PowerCo. Pada akhir dekade ini, para mitra bertujuan untuk memproduksi bahan katoda dan prekursor berkapasitas sel 160 GWh per tahun, yang sebanding dengan kapasitas produksi tahunan yang mampu memberi daya sekitar 2,2 juta kendaraan listrik.

Bahan aktif katoda sangat penting untuk kesuksesan transisi sistem penggerak (powertrain) menuju e-mobilitas karena mereka adalah tuas teknologi utama untuk kinerja baterai, serta kontributor tunggal terbesar untuk biaya baterai secara keseluruhan.

Kemitraan jangka panjang berpusat pada produksi bahan prekursor dan katoda di Eropa, yang secara strategis merupakan bahan masukan penting yang menjadi pusat penciptaan nilai baterai. Berdasarkan ketentuan perjanjian tambahan, Umicore dan PowerCo akan berkolaborasi dalam pengadaan bahan baku yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, area di mana Umicore adalah pemimpin industri.

Dalam konteks ini, Umicore juga akan menyediakan layanan pemurnian untuk PowerCo. Pada tahap selanjutnya, berdasarkan teknologi dan pengetahuan Umicore, kedua mitra akan memasukkan elemen pemurnian dan daur ulang baterai ke dalam lingkup JV.

CEO Umicore Mathias Miedreich mengatakan bahwa kemitraan ini merupakan tanda pengakuan yang kuat atas keahlian produk dan proses kami dan bukti keberhasilan strateginya untuk membangun rantai nilai bahan baterai loop tertutup skala industri yang berkelanjutan di wilayah utama.

"Kami mendukung pelanggan di jalur mereka menuju elektrifikasi sejak awal, dan sangat senang bermitra dengan PowerCo dan mendukung Volkswagen dalam transformasi cepat mereka menuju mobilitas listrik yang berkelanjutan.”

Produksi di JV dijadwalkan akan dimulai pada 2025 untuk memasok pabrik Salzgitter PowerCo, mencapai kapasitas tahunan 40 GWh pada 2026. Kedua mitra menargetkan untuk meningkatkan kapasitas produksi tahunan JV menjadi 160 GWh pada akhir dekade ini, berdasarkan perkembangan pasar dan permintaan. Pencarian lokasi produksi masih berlangsung.

Berdasarkan ketentuan perjanjian, kedua mitra akan bersama-sama mengendalikan JV dan akan berbagi biaya, investasi, pendapatan, dan keuntungan secara merata. JV akan memberi kedua mitra keuntungan penggerak pertama yang signifikan di pasar e-mobilitas yang berkembang pesat di Eropa. Bersama-sama mereka berencana untuk menginvestasikan EUR 3 miliar ke dalam kapasitas produksi material baru.

Kemitraan ini akan memberikan PowerCo, dalam skala signifikan, akses yang aman dan hemat biaya ke bahan baterai berkinerja tinggi yang inovatif, bersumber berkelanjutan, dan disesuaikan untuk strategi sel terpadu di Eropa. Kerja sama ini akan memungkinkan PowerCo mendapatkan manfaat dari kemampuan produksi Umicore yang telah terbukti serta dari keahlian hulunya.

Pada gilirannya, kemitraan tersebut akan memberi Umicore akses yang aman, melalui komitmen pengambilan atau pembayaran yang tegas, ke bagian penting dari permintaan Eropa untuk bahan katoda EV dengan pengembalian nilai kreatif yang dijamin.

JV dirancang untuk memenuhi kriteria profitabilitas dan pengembalian kedua mitra dan akan membuka kunci sinergi dan skala ekonomi yang signifikan bagi masing-masing pihak. IP dan pengetahuan Umicore akan tersedia untuk JV melalui perjanjian lisensi untuk memastikan posisi teknologi terdepan.

CEO PowerCo Frank Blome mengatakan bahwa ketersediaan, biaya, dan kinerja teknis sel baterai adalah persyaratan utama untuk keberhasilan peningkatan e-mobilitas. "Dengan membangun kapasitas produksi yang substansial, kami mengamankan permintaan bahan bermutu baterai untuk pelanggan utama kami Volkswagen AG dalam hal volume dan dengan biaya optimal."

Jorg Teichmann, Chief Procurement Officer PowerCo, menekankan bahwa perusahaannya secara konsisten memasuki penciptaan nilai holistik baterai. Industri pemasok bahan baterai pada skala yang dibutuhkan belum ada saat ini. "Kami mengubahnya melalui kerjasama jangka panjang kami dengan Umicore sebagai pemimpin pasar global untuk bahan utama yang digunakan dalam produksi sel."

Ralph Kiessling, EVP Energy & Surface Technologies di Umicore, mengatakan bahwa melalui perjanjian tersebut, pihaknya membawa keahlian yang sudah lama dan terbukti dalam rantai nilai bahan baterai, sambil mendapatkan akses aman ke volume penjualan yang substansial.

"Selain itu, JV akan membuka sinergi biaya dan operasional yang signifikan dengan Umicore Group, dengan ini sangat berkontribusi pada ambisi Pengembalian Modal Umicore 2030 yang diungkapkan pada Hari Pasar Modal baru-baru ini.”

Transaksi tetap tunduk pada persetujuan peraturan dan kondisi penutupan adat. Nama usaha patungan belum diputuskan dan akan diungkapkan di lain waktu. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.