Garap Digital Payment Toko Kelontong, BRI Gandeng SRC

BRI bekerja sama dengan SRC untuk menggarap digital payment toko kelontong.

Emanuel Berkah Caesario

26 Sep 2022 - 14.33
A-
A+
Garap Digital Payment Toko Kelontong, BRI Gandeng SRC

Bisnis, JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. kembali memperkuat kerja sama dengan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) untuk menyediakan layanan pembayaran digital pada platform AYO SRC yang menaungi 5.000 mitra dan 160.000 toko kelontong.

Inisiasi tersebut ditegaskan lewat penandatanganan perjanjian kerja sama antara Direktur Bisnis Konsumer BRI, Handayani, dengan Direktur SRCIS, Rima Tanago, pada Jumat, 16 September 2022.

SRCIS merupakan wadah yang membina pelaku UMKM, khususnya toko-toko kelontong untuk dapat dikelola secara modern sehingga secara bertahap bertransformasi menjadi adaptif dan inovatif terhadap kebutuhan masyarakat masa kini.

Saat ini, SRCIS membina lebih dari 160.000 toko kelontong yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapu, SRCIS sendiri merupakan anak usaha dari PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP).

Handayani mengungkapkan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari upaya BRI dan SRCIS untuk mendorong para pelaku UMKM bertransaksi secara cashless, sehingga mampu meningkatkan perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

“Kerja sama digital payment pada Platform AYO SRC dapat mempermudah proses pembayaran dari toko kelontong kepada mitra SRC sehingga transaksi dapat dilakukan secara lebih fleksibel dan menjamin kepastian pembayaran kepada para mitra SRC,” ujarnya, Minggu (25/9).

Dengan hadirnya fasilitas pembayaran digital BRI pada platform AYO SRC, diharapkan pemilik toko kelontong binaan SRCIS dapat mengembangkan volume penjualan lewat pengelolaan secara modern, serta melalui mekanisme pembayaran yang lebih mudah dan fleksibel.

Bagi emiten bank bersandi saham BBRI ini, kerja sama tersebut diharapkan dapat meningkatkan volume transaksi, value chain, dan dana murah (current account saving account /CASA) BRI.

Selain itu, Handayani menuturkan bahwa seluruh unit kerja, e-channel, dan agen BRILink siap mendukung pembayaran virtual account dari para toko kelontong yang tersebar di Indonesia.

Menurutnya, melalui jaringan kerja BRI yang tersebar di seluruh Indonesia dan ditambah dengan toko kelontong binaan SRCIS, kerja sama yang terjalin oleh kedua pihak dapat menjangkau masyarakat sampai ke daerah.

“Ini akan menjadi kekuatan kolaborasi untuk menciptakan transaksi dan volume penjualan yang optimal,” pungkas Handayani.

Adapun, ini bukan pertama kalinya BRI bekerja sama dengan SRCIS. Pada pertengahan 2021 lalu, kedua perusahaan juga sudah bekerja sama dalam mengembangkan 130.000 toko kelontong SRC.

Saat itu, Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN BRI, Agus Noorsanto, mengatakan bahwa kerja sama BRI dengan SRC sudah tergolong lama. Pada kesempatan tersebut, BRI hanya mengembangkan kerja sama lebih luas dengan mengoptimalkan kinerja dari 130.000 toko kelontong SRC.

"Pada tahap ini kami memiliki kesempatan untuk bertemu dengan pedagang toko kelontong SRC, dan menawarkan berbagai macam fasilitas yang kami punya," katanya.

Adapun, dia menyampaikan bentuk fasilitas yang dapat diberikan perseroan adalah kemudahan untuk membuka tabungan, menjadi agen BRILink, dan bahkan mendapat kemudahan untuk akses pembiayaan.

Agus mengatakan fasilitas tersebut akan mendorong peningkatan transaksi dan usaha dari toko kelontong SRC. "Bagi kami sendiri, ini akan mendorong peningkatan bisnis transaksi dan penghimpunan dana murah," imbuhnya.

Komisaris SRCIS, Ivan Cahyadi, menyampaikan bahwa program toko SRC ditujukan untuk meningkatkan volume usaha pagi peritel tradisional di daerah. Meski sejauh ini sudah berjalan baik, dia melanjutkan perusahaan mulai melihat banyak kebutuhan modal usaha untuk pengembangan yang mulai terkendala.

Di samping itu, perusahaan juga mulai melihat adanya kebutuhan peningkatan inklusi keuangan untuk mendukung usaha ritel tradisional ini lebih berkelanjutan.

"Kami sudah hadir di hampir semua kabupaten dan kota. Fokus kami tahun ini adalah memberi finansial inklusi dan akses pembiayaan. Kami lihat, BRI punya visi sama. Kami harap peritel tradisional bisa lebih berdaya bersaing lagi," katanya.

Adapun, bank yang digandeng SRCIS sejatinya bukan hanya BRI. Salah satu bank lain yang juga bekerja sama dengan perusahaan ini yakni PT Bank Nationalnobu Tbk. (NOBU). Kerja sama dilakukan juga untuk penyediaan produk perbankan digital, termasuk dukungan permodalan bagi toko-toko kelontong yang bernaung di bawah jaringan SRC.

Nobu Bank sendiri memutuskan untuk bekerja sama dengan SRCIS untuk menyediakan fasilitas permodalan berupa kredit usaha rakyat (KUR) yang disalurkan secara digital.  Nantinya, fasilitas tersebut dapat mendukung pelaku UMKM untuk lebih maju, tumbuh, dan berkembang.

(Reporter: Dionisio Damara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.