Gas Murah Tak Pasti Berlanjut, Menperin Minta Opsi Impor

Kebijakan harga gas murah bagi industri akan berakhir diujung 2024. Menteri Perindustrian bersikeras meminta kepastian perpanjangan. Namun, Menteri ESDM tidak mau gegabah.

Afiffah Rahmah Nurdifa & Fatkhul Maskur

24 Mar 2024 - 18.50
A-
A+
Gas Murah Tak Pasti Berlanjut, Menperin Minta Opsi Impor

Kapal tanker LNG. - Foto pertaarungas.pertamina.com

Bisnis, JAKARTA—Tarik menarik soal kelanjutan kebijakan gas murah bagi industri sedianya akan diselesaikan lewat rapat teknis tiga menteri, Jumat (22/3/2024). Namun, rencana tersebut buyar. Menperin minta opsi impor dibuka.

Insentif berupa gas murah tertuang dalam Perpres No 121 Tahun 2020 tentang Penetapan Harga Gas Bumi. Beleid ini mematok harga gas bumi US$6 per MMBTU. Selain PLN, harga gas ini berlaku bagi tujuh industri, yakni pupuk, petrokimia, oleokimia, baja, keramik, kaca, dan sarung tangan karet.

Merujuk pada Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No.91/2023 tentang Pengguna HGBT, kebijakan harga gas insentif dari hulu itu akan berakhir di ujung 2024.

Atas dasar itu pula, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyurati Menteri ESDM Arifin Tasrif untuk meminta dukungan keberlanjutan HGBT setelah 2024. "Perlu kiranya untuk dapat melanjutkan kebijakan fiskal harga gas bumi tertentu bagi sektor industri."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Gas Murah Tak Pasti Berlanjut, Menperin Minta Opsi Impor

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.