Gejala Infeksi Paru-Paru, Waspadai Penyusupan Mikroorganisme

Bronkitis, pneumonia, dan bronkiolitis merupakan jenis infeksi pada paru yang umum terjadi akibat serangan mikroorganisme.

Redaksi

29 Nov 2021 - 19.22
A-
A+
Gejala Infeksi Paru-Paru, Waspadai Penyusupan Mikroorganisme

Ilustrasi/uab.edu

Bisnis, JAKARTA - Mikroorganisme diyakini sebagai penyebab terjadinya infeksi paru-paru. Ukurannya yang kecil memungkinkan organisme ini masuk ke dalam tubuh dan bersemayam di paru-paru. Bakteri, virus, dan jamur kerap menjadi mikroorganisme penyebab infeksi pada organ bagian dalam ini.

Bronkitis, pneumonia, dan bronkiolitis merupakan jenis infeksi pada paru yang umum terjadi akibat serangan mikroorganisme. Dilansir dari Health Line, mikroorganisme paling umum yang bertanggung jawab atas serangan bronkitis meliputi virus seperti virus influenza atau respiratory syncytial virus (RSV). Sementara itu, bakteri yang kerap berperan adalah Mycoplasma pneumonia, Chlamydia pneumonia, dan Bordetella pertussis.

Infeksi paru-paru seperti pneumonia biasanya ringan, tetapi bisa serius, terutama bagi orang dengan sistem kekebalan yang lemah atau kondisi kronis, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Gejala infeksi paru-paru bervariasi dari ringan hingga berat. Hal itu tergantung pada beberapa faktor, termasuk usia dan kondisi kesehatan.

Gejala yang ditimbulkan juga tergantung pada penyebab infeksi, apakah disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur.

Gejalanya mungkin mirip dengan pilek atau flu, tetapi cenderung bertahan lebih lama.

Berikut 10 gejala infeksi paru-paru, dikutip dari Health Line, Senin (29/11/2021).

1. Batuk dengan lendir kental

Batuk membantu membersihkan tubuh Anda dari lendir yang dihasilkan dari peradangan saluran udara dan paru-paru. Lendir ini mungkin juga mengandung darah. Penderita bronkitis atau pneumonia, akan mengalami batuk berlendir kental yang mungkin memiliki warna berbeda, seperti jernih, putih, hijau, dan abu-abu kekuningan. Batuk dapat bertahan selama beberapa minggu bahkan setelah gejala lain membaik.

2. Nyeri Dada

Nyeri dada yang disebabkan infeksi paru-paru sering digambarkan sebagai rasa sakit seperti ditusuk. Nyeri dada cenderung memburuk saat batuk atau bernapas dalam-dalam. Terkadang rasa sakit yang tajam bisa dirasakan di punggung bagian tengah hingga atas.

3. Demam

Demam terjadi saat tubuh Anda mencoba melawan infeksi. Suhu tubuh normal biasanya sekitar 37°C. Jika Anda memiliki infeksi paru-paru bakteri, demam bisa naik setinggi 40,5 °C. Setiap demam tinggi di atas 38,9 °C sering menyebabkan banyak gejala lain, seperti berkeringat, panas dingin, nyeri otot, dehidrasi, sakit kepala, dan lemas. Segera periksa ke dokter jika demam lebih dari 38,9 °C atau berlangsung lebih dari tiga hari.

4. Sakit Badan

Otot dan punggung mungkin terasa sakit saat Anda mengalami infeksi paru-paru. Ini disebut mialgia. Kadang-kadang terjadi peradangan pada otot-otot Anda yang juga dapat menyebabkan nyeri tubuh ketika Anda mengalami infeksi.

5. Meler

Hidung meler dan gejala mirip flu lainnya, seperti bersin, sering menyertai infeksi paru-paru seperti bronkitis.

6. Sesak napas

Sesak napas mengganggu aktivitas karena Anda akan kesulitan bernapas. Anda harus segera menemui dokter jika mengalami kesulitan bernapas.

7. Merasa Lelah

Anda biasanya akan merasa lesu dan lelah saat tubuh melawan infeksi. Perbanyak istirahat sangat penting dalam melawan mikroorganisme tersebut.

8. Napas berbunyi

Saat mengeluarkan napas, Anda mungkin mendengar suara siulan bernada tinggi yang dikenal sebagai mengi. Suara ini muncul akibat saluran udara menyempit atau peradangan.

9. Kulit dan bibir membiru

Bibir atau kuku yang membiru menjadi tanda Anda kekurangan oksigen. Segera konsultasi ke dokter jika mengalami gejala ini.

10. Bunyi gertak di paru-paru

Salah satu tanda infeksi paru-paru adalah suara berderak di dasar paru-paru, juga dikenal sebagai bibasilar crackles. Suara ini dapat didengar menggunakan stetoskop. (Annasa Rizki Kamalina,  Feni Freycinetia Fitriani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.