Gelagat HRUM Beralih Tumpuan Bisnis ke Sektor Nikel

PT Harum Energy Tbk. (HRUM) tengah menempuh reorganisasi kepemilikan saham pada aset pertambangan dan pengolahan nikel pada anak perusahaannya. Langkah itu mempertajam strategi emiten yang terafiliasi dengan konglomerat Kiki Barki itu untuk mencapai ambisi memperbesar kontribusi segmen nikel terhadap laba perseroan.

Annisa Kurniasari Saumi & Emanuel Berkah Caesario

24 Sep 2023 - 13.51
A-
A+
Gelagat HRUM Beralih Tumpuan Bisnis ke Sektor Nikel

Kegiatan operasional di tambang batu bara yang dikelola oleh PT Harum Energy Tbk./harumenergy

Bisnis, JAKARTA — Perbaikan permintaan batu bara dan kontribusi proyek nikel diharapkan dapat mendorong kinerja emiten tambang PT Harum Energy Tbk. (HRUM) hingga akhir tahun 2023, setelah pada paruh pertama tahun ini hanya mencatatkan pertumbuhan kinerja yang tipis.

Direktur Utama Harum Energy, Ray Antonio Gunara, menyampaikan bahwa HRUM melihat pasar batu bara masih akan menghadapi banyak tantangan pada semester II/2023. Ray berharap harga batu bara tetap bisa stabil dan tidak jatuh terlalu dalam.

"Penjualan batu bara Harum Energy selama semester I/2023 adalah sebesar 3,6 juta ton, dengan target penjualan hingga akhir tahun ini sebesar 6 juta ton. Diharapkan potensi penurunan harga batu bara tidak sebesar di semester I/2023," kata Ray kepada Bisnis belum lama ini.

Di sisi lain, HRUM terus memperluas ekspansinya di bisnis nikel. Pekan lalu, HRUM menambah porsi kepemilikan saham di PT Tanito Harum Nickel. Aksi pembelian tersebut dilaksanakan HRUM melalui anak usahanya, yaitu PT Harum Nickel Perkasa, dengan nilai transaksi mencapai Rp13,35 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.