Geliat Bank Cilik Memupuk Dana Simpanan Nasabah

Bank-bank kecil berlomba untuk memacu dana simpanan nasabah guna mengamankan likuiditas serta menopang kebutuhan ekspansi kredit, setelah sepanjang 2023 lalu menjadi kelompok bank dengan kinerja pertumbuhan DPK terlemah.

Arlina Satiti Mugi Laras

10 Jan 2024 - 16.59
A-
A+
Geliat Bank Cilik Memupuk Dana Simpanan Nasabah

Bisnis, JAKARTA — Kalangan bank-bank umum kasta terbawah atau Kelompok Bank dengan Modal Inti (KBMI) I menjadi kelompok bank yang mengalami tekanan terdalam perlambatan laju pertumbuhan dana simpanan masyarakat, menjadikan likuiditas bank-bank ini makin terancam.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Oktober 2023 lalu, laju pertumbuhan dana pihak ketiga atau DPK industri perbankan secara total hanya sebesar 3,43% year-on-year (YoY) menjadi Rp8.199 triliun.

Laju pertumbuhan DPK ini melemah cukup dalam dibanding bulan sebelumnya atau September 2023 yang masih tumbuh 6,54% YoY. Perlambatan bahkan lebih tajam lagi jika dibandingkan dengan kondisi akhir tahun 2022 lalu yang masih sebesar 9,01% YoY.

Menariknya, jika diperinci berdasarkan KBMI, perlambatan terdalam dialami oleh kelompok bank terkecil atau KBMI I, yakni bank-bank dengan modal inti di bawah Rp6 triliun. DPK KBMI I hanya tumbuh 1,65% YoY per Oktober 2023 menjadi Rp1.029 triliun atau jauh di bawah rata-rata industri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Geliat Bank Cilik Memupuk Dana Simpanan Nasabah

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.