Geliat Bank Kecil Berebut Modal Memasuki Babak Akhir

Tahun ini bakal menjadi tahun pertarungan yang sengit di antara sejumlah emiten bank yang belum memenuhi ketentuan modal inti Rp3 triliun. Sejumlah bank sudah menunjukkan ancang-acang untuk berburu modal segar, beberapa bahkan sudah mencuri start. Namun, bank lainnya masih bergeming.

Emanuel Berkah Caesario

23 Mar 2022 - 21.12
A-
A+
Geliat Bank Kecil Berebut Modal Memasuki Babak Akhir

Ilustrasi strategi investasi/AARP Magazine

Bisnis, JAKARTA — Tahun ini menjadi batas waktu terakhir bagi bank-bank kecil untuk segera memenuhi kewajiban modal inti menjadi minimal Rp3 triliun. Namun, pada awal tahun ini, gairah emiten bank kecil untuk menjaring dana dari pasar modal justru belum begitu terlihat.

Ketentuan tentang modal inti tersebut sudah diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 12/POJK.03/2020 tentang Konsolidasi Bank Umum. Dalam POJK itu, diatur bahwa modal inti minimum bank umum paling sedikit harus mencapai Rp3 triliun.

Pada saat regulasi tersebut diterbitkan, sistem pengelompokkan bank umum masih terbagi berdasarkan sistem Bank Umum Kelompok Usaha atau BUKU. Kala itu, masih ada bank-bank dari kategori BUKU I yang memiliki modal inti di bawah Rp1 triliun.

Oleh karena itu, OJK mengatur agar bank-bank tersebut, serta bank-bank lainnya yang memiliki modal inti di bawah Rp3 triliun, wajib segera mencapai batasan minimum tersebut pada 2022. Untuk meringankan beban bank-bank itu, OJK menetapkan pemenuhannya secara bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.