Geliat Bisnis Kartu Kredit Berlanjut di Tengah Impitan Paylater

Kendati tingkat persaingannya makin tinggi setelah kedatangan model bisnis paylater, produk kartu kredit perbankan masih mengalami pertumbuhan yang positif.

Fahmi Ahmad Burhan

18 Mei 2024 - 13.06
A-
A+
Geliat Bisnis Kartu Kredit Berlanjut di Tengah Impitan Paylater

Bisnis, JAKARTA — Bisnis kartu kredit perbankan masih menunjukan pertumbuhan setidaknya hingga kuartal I/2024. Namun, kini bisnis kartu kredit menghadapi tantangan persaingan dengan bisnis beli sekarang dan bayar nanti (buy now pay later/BNPL) alias paylater.

Mengacu Statistik Sistem Pembayaran dan Infrastruktur Pasar Keuangan (SPIP) Bank Indonesia (BI), nilai transaksi kartu kredit tumbuh 7,71% secara tahunan (year-on-year/ YoY) menjadi Rp105,1 triliun pada Januari hingga Maret 2024.

Pada saat yang sama, volume transaksi kartu kredit juga naik 14,32% YoY menjadi 106,9 juta transaksi.

Adapun, jumlah kartu kredit yang beredar mencapai 18,13 juta unit pada Maret 2024 naik 4,31% YoY dibandingkan Maret 2023 sebanyak 17,38 juta unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.