Geliat Emiten Bank Milik Asing Penuhi Ketentuan Free Float

Bank-bank yang dikendalikan oleh investor asing di Indonesia tercatat belum memenuhi ketentuan porsi saham publik minimum atau free float 7,5%. Beberapa bank ini pun

Fahmi Ahmad Burhan

14 Des 2023 - 17.58
A-
A+
Geliat Emiten Bank Milik Asing Penuhi Ketentuan Free Float

Bisnis, JAKARTA — Bank-bank yang dikendalikan oleh investor asing memenuhi daftar emiten yang terancam delisting tahun depan lantaran porsi saham publik atau free float mereka tidak mencapai 7,5% sesuai yang dipersyaratkan Bursa Efek Indonesia per 21 Desember 2023.

Saham free float merujuk pada saham yang dimiliki oleh investor publik dengan porsi kepemilikan kurang dari 5% per investor. Saham ini tidak mencakup saham-saham yang dimiliki oleh pengendali dan afiliasinya, anggota dewan komisaris atau direksi, serta bukanlah saham hasil buyback atau saham treasuri.

BEI mempersyaratkan agar porsi saham free float minimum bagi suatu perusahaan tercatat adalah sebanyak 7,5% dari total sahamnya atau 50 juta lembar. Selain itu, jumlah pemegang saham minimal juga dipersyaratkan sebanyak 300 pihak atau investor pemegang single investor identification (SID).

BEI pun menegaskan akan mengambil langkah tegas terhadap emiten yang belum memenuhi ketentuan tersebut hingga tenggat waktu, yakni 21 Desember 2023. Hal tersebut berdasarkan ketentuan yang tertuang dalam Perubahan Peraturan Nomor I-A tentang Pencatatan Saham Dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham yang Diterbitkan oleh Perusahaan Tercatat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.