Geliat IPO Tak Surut di Tengah Tekanan Geopolitik Global

Minat calon emiten untuk melantai di Bursa Efek Indonesia diproyeksi masih tinggi. Penggalangan dana di pasar modal terutama melalui penawaran umum perdana (IPO) saham masih bakal tumbuh di tengah tekanan geopolitik global.

Asteria Desi Kartikasari

21 Apr 2022 - 19.16
A-
A+
Geliat IPO Tak Surut di Tengah Tekanan Geopolitik Global

Seremoni pencatatan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) di Bursa Efek Indonesia, Senin (11/4/2022). GoTo meraih dana Rp15,8 triliun dari IPO dan penjualan saham treasury./Istimewa

Bisnis, JAKARTA—   Meski kondisi geopolitik  kurang mendukung, nyatanya tidak menyurutkan aktivitas penggalangan dana melalui aksi penawaran saham perdana atau initial public offering/IPO perusahaan di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI). Buktinya tren IPO menunjukan angka peningkatan. Bahkan diproyeksikan  masih akan bertumbuh.

Realisasi IPO hingga 1 April 2022 mencapai 14 emiten baru dengan penggalangan dana Rp16,93 triliun. Dari IPO tersebut,penggalangan dana terbesar berasal dari perusahaan teknologi, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO)  

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021, realisasi tersebut lebih tinggi karena pada periode itu hanya dilakukan 12 emiten dengan dana  yang terkumpul Rp2,13 triliun. 

Faktor lainnya, bursa saham Indonesia juga masih diminati oleh investor asing. Hal tersebut tercermin dari transaksi net buy asing di pasar saham Indonesia yang mencapai Rp43,6 triliun secara tahun berjalan, sedangkan transaksi rata-rata harian tahun berjalan mencapai Rp14,67 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Geliat IPO Tak Surut di Tengah Tekanan Geopolitik Global

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.