Geliat Pariwisata & Ritel Mengalap Berkah Cuan Libur Lebaran

Libur Lebaran tahun ini membawa berkah tersendiri bagi sejumlah sektor industri. Kementerian Perhubungan memprediksi akan ada sebanyak 123,8 juta orang akan melakukan mudik Lebaran 2023. Jumlah tersebut meningkat 44,79 persen dibandingkan pergerakan masyarakat pada mudik Lebaran 2022 sebanyak 85,5 juta orang.

Yanita Petriella

25 Apr 2023 - 17.54
A-
A+
Geliat Pariwisata & Ritel Mengalap Berkah Cuan Libur Lebaran

Ilustrasi berkah Lebaran pada sejumlah industri

Bisnis, JAKARTA – Libur Lebaran tahun ini membawa berkah tersendiri bagi sejumlah sektor industri. Kementerian Perhubungan memprediksi akan ada sebanyak 123,8 juta orang akan melakukan mudik Lebaran 2023. Jumlah tersebut meningkat 44,79 persen dibandingkan pergerakan masyarakat pada mudik Lebaran 2022 sebanyak 85,5 juta orang. 

Kenaikan jumlah pemudik ini terjadi seiring dengan dicabutnya kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM)  yang meningkatkan mobilitas masyarakat. Minat masyarakat untuk mudik atau berpergian juga didukung oleh tidak adanya larangan untuk mudik dan waktu cuti bersama yang cukup panjang.

Berdasarkan data dari PT Jasa Marga Tbk, tercatat sebanyak 1.350.682 kendaraan meninggalkan wilayah Jabodetabek pada H-7 hingga H-1 hari raya Idulfitri 1444 H. Angka ini meningkat 41,2 persen dari lalin normal yang mencapai 956.242 kendaraan dan meningkat 3 persen dari 1.311.893 kendaraan. Diprediksi jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek pada H+1 hingga H+7 di empat GT Utama akan mencapai 1,6 juta kendaraan. Angka itu naik 5,1 persen dari  Lebaran 2022 dan naik 67,5 persen terhadap lalin normal. 

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira memperkirakan periode Lebaran 2023 akan memberikan dampak langsung hingga Rp67 triliun selama periode Lebaran. Momentum Idulfitri akan memberikan dampak langsung dan tidak langsung bagi perekonomian daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Geliat Pariwisata & Ritel Mengalap Berkah Cuan Libur Lebaran

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.