Geliat Parsel UMKM Ramaikan Pasar Bingkisan Lebaran

Permintaan bingkisan lebaran yang meningkat tahun ini dinilai menjadi bukti pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat mulai beranjak ke posisi positif.

Rustam Agus

25 Apr 2022 - 15.00
A-
A+
Geliat Parsel UMKM Ramaikan Pasar Bingkisan Lebaran

Ilustrasi parsel lebaran produksi UMKM

Bisnis JAKARTA – Menjelang perayaan hari raya Idul Fitri tahun ini bersamaan dengan meredanya belenggu pandemi Covid-19 benar-benar dimanfaatkan oleh kalangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mempercepat kebangkitan.

Upaya itu setidaknya tercermin dari munculnya beragam produk parsel produksi UMKM yang ikut bersaing di pasaran menjangkau konsumen yang lebih luas. Pemasarannya pun tak sebatas tampil di etalase toko maupun tayang di platform e-commerce tetapi juga nangkring di pinggir jalan.

Hal itu terlihat dari langkah percaya diri Galeri Surabaya Kriya Gallery (SKG) Reborn yang menjajakan aneka parsel Lebaran dari produk UMKM Surabaya di Jalan Ir Soekarno, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Menurut Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Surabaya Rini Indriyani, di SKG Reborn terdapat aneka jajanan kue kering, kain batik, tas, pernak-pernik karya UMKM Surabaya, yang bisa dijadikan parsel Lebaran.

"Parsel Lebaran yang dijajakan di SKG Reborn bervariasi, mulai dari yang sudah bentuk paketan ada juga by request. Jadi nanti masyarakat bisa pesan sesuai kebutuhan, ada kue kering misalnya, lalu ada parsel yang dijual sesuai pesanan," paparnya.

Aneka parsel produk UMKM di Surabaya Kriya Gallery (SKG) Reborn /Antara

Untuk pemesanan, lanjut dia, paling lambat pemesanan sebelum tanggal 29 April 2022. Dari segi harga tidak perlu khawatir, mulai dari Rp300 ribu hingga Rp1 juta tergantung isi dan permintaan pemesan. "Kalau ada yang pesan diatas harga Rp1,5 juta misalnya, kami juga melayani," ujar Rini.
 
Pemesanan parsel Lebaran di SKG Reborn bisa ebih dari satu sehingga mengimbau kepada calon pemesan untuk booking sebelum 29 April 2022. Selain pemesanan, di SKG Reborn juga tersedia parsel yang sudah jadi dan siap diboyong pembeli.

Lain lagi upaya Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah yang menyelenggarakan program parsel Lebaran 2022 sebagai upaya mendorong pemasaran produk UMKM.
 
Kabid Koperasi dan UMKM Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Nugroho Hepi Kuncoro mengatakan bahwa program parsel lebaran merupakan bagian dari arahan Pemprov Jateng guna mendukung percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).
 
"Program parsel Lebaran ini diikuti oleh 20 usaha mikro kecil dan menengah yang produknya sudah dinyatakan lolos verifikasi," katanya.
 
Terdapat tiga paket varian produk yang ditawarkan oleh Dindagkop dan UKM Pekalongan yaitu paket diamond seharga Rp550 ribu, paket gold Rp450 ribu, dan silver Rp350 ribu.
 
Kuncoro menambahkan kategori produk makanan UMKM yang bergabung dalam program parsel Lebaran tidak hanya diutamakan dalam hal rasa tetapi juga harus terjamin keamanan penggunaan komposisi bahannya.

 
"Produk yang dijual dalam parsel Lebaran ini, tidak hanya rasa enak makananya tapi juga harus menggunakan bahan yang aman untuk kesehatan," katanya.

Beragam produk UMKM Kota Pekalongan pada program parsel Lebaran / Antara 

Sedikitnya 40 paket parsel itu sudah dipesan oleh organisasi perangkat daerah sehingga diharapkan program parsel Lebaran ini dapat membantu UMKM lebih berkembang lagi.

Permintaan meningkat

Sementara itu meningkatnya permintaan bingkisan lebaran tahun ini di Banjarmasin, Kalimantan Selatan tahun ini dapat dimanfaatkan UMKM untuk ikut menggenjot penawaran produk parselnya.

"Pesanan sangat banyak sejak awal Ramadan, kami sampai kewalahan kerja siang malam mengemasnya. Tahun ini paling ramai," kata Yenny Soedjono, pemilik toko Dunia Parsel di Jalan Veteran Banjarmasin.

Ada tiga jenis paket lebaran yang dijualnya yaitu dalam bentuk kemasan kardus, parsel standar dan juga parsel ‘custom’ yang dibuat sesuai pesanan khusus.
 
Untuk kemasan kardus, lebih dari 10.000 paket telah terjual dari harga Rp100 ribu. Sementara bentuk parsel yang dikemas lebih menarik permintaannya juga tinggi. Bahkan banyak pesanan khusus dengan harga ditentukan sendiri oleh pembeli.
 
"Contohnya ada yang pesan parsel sultan setinggi hampir dua meter seharga Rp2,8 juta yang isinya makanan," ujar Yenny.

Selain berisi makanan, parsel yang juga banyak dipesan berupa sembako dan barang pecah belah dengan harga paling mahal yang ditawarkan Rp5 juta.

Karyawan toko mengemas parsel / Antara

Ekonom dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Hidayatullah Muttaqin mengatakan peningkatan permintaan bingkisan lebaran tahun ini jadi bukti pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat beranjak ke posisi positif.

"Ekonomi mulai tumbuh positif sejak akhir tahun 2021 dari sebelumnya terkontraksi pada 2020 karena pandemi Covid-19," katanya.
 
Muttaqin berharap pemerintah dan masyarakat data menjaga momentum baik saat ini dengan terus disiplin protokol kesehatan agar status pandemi bisa segera menjadi endemi.
 
"Capaian vaksinasi juga sudah tinggi makanya momentum Ramadan tahun ini mendorong meningkatnya konsumsi masyarakat dan kita harapkan terus terjaga hingga pascalebaran seiring terkendalinya Covid-19," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.