Free

Geliat Penjualan Atribut Parpol Mulai Meningkat Jelang Pemilu

Permintaan pesanan atribut parpol di pusat perbelanjaan Senen Jaya 1 dan 2, Senen, Jakarta Pusat, mulai meningkat sejak beberapa pekan terakhir.

Yanita Petriella

13 Jun 2023 - 23.27
A-
A+
Geliat Penjualan Atribut Parpol Mulai Meningkat Jelang Pemilu

Desain Pasar Senen Jaya Blok I dan II

Bisnis, JAKARTA – Kemeriahan pesta demokrasi lima tahunan yang digelar kurang dari satu tahun lagi sudah mulai terasa. Televisi, media sosial, hingga baliho konvensional mulai memajang bendera partai dan bakal calon presiden yang diusung.

Salah satu yang memperoleh berkah dari momentum pesta demokrasi 2024 yakni para pelaku industri tekstil dan produk tekstil. Tahun ini menjadi saat yang tepat bagi partai politik (parpol) dan relawannya untuk berbelanja alat peraga kampanye selengkap mungkin, demi mengintensifkan kampanye calon anggota legislatif, partai politik, calon gubernur dan wakil gubernur, serta calon presiden dan wakil presiden agar lebih populer dan dikenal masyarakat.

Permintaan pesanan atribut parpol di pusat perbelanjaan Senen Jaya 1 dan 2, Senen, Jakarta Pusat, mulai meningkat sejak beberapa pekan terakhir. Manager Pengelola Pusat Perbelanjaan Senen Jaya 1 dan 2 Prismo Juni Prianto mengatakan implikasi euforia tahun pemilu sudah mulai terlihat di sebagian kios-kios yang mulai kebanjiran pesanan atribut. Meskipun memang, belum seluruh kios kebanjiran pesanan parpol yang datang dari tim sukses baik di Jakarta maupun luar kota. 

“Biasanya enam bulan jelang pemilu tapi ini sudah mulai ada aktivitas. Perlahan pesanan mulai meningkat khususnya bendera, kaos dan umbul-umbul,” ujarnya dikutip Selasa (13/6/2023). 

Walaupun baru dibuka bulan Februari 2023, namun sudah lebih dari 400 pedagang atribut dan aksesoris partai menempati kios-kios di lantai 1 dan 2 Pusat Perbelanjaan Senen Jaya 1 dan 2. Di gedung baru ini para pedagang merasa lebih nyaman dengan fasilitas yang memadai, area parkir yang cukup luas, kondisi gedung layaknya seperti mal. 

“Sudah puluhan tahun pedagang alat peraga kampanye di sini menjadi rujukan utama tim kampanye parpol. Pun sudah sejak lama pula para pedagangnya menggantungkan nasibnya di setiap momen politik tiba,” katanya.

Pasar Senen Jaya yang sudah ada sejak tahun 1733 menjadi salah satu pusat perputaran uang di Jakarta, lantaran memiliki daya tarik bagi pembeli barang-barang kualitas impor yang dijual dengan harga murah. Konsumennya datang dari seluruh penjuru kota di Indonesia. Mereka rerata adalah pedagang baju, jam tangan, sepatu, sendal, tas dan kacamata di luar Jakarta dan pulau Jawa

Harganya tergantung grade dari barang yang dijual tersebut, termurah berkisar Rp5.000 dan termahal bisa sampai jutaan rupiah. Barang-barang impor yang ada di sana rerata berasal dari, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, dan Australia. 

“Senen Jaya 1 dan 2 menjadi pusat pakaian, jam tangan, emas, konveksi, reklame, kacamata, perlengkapan TNI/Polri, atribut partai, hingga kue subuh,” ucap Prismo.

Baca Juga: Vitamin Pemulihan Ekonomi Bernama Pemilihan Umum


Banjir Orderan

Pemilik Toko Bangkit Bersama di Senen Jaya 1 dan 2, Chandra (52), menuturkan setiap musim politik, banyak ajudan dan tim khusus partai dari berbagai daerah bahkan di luar pulau menghubunginya. Pihaknya menyediakan berbagai macam atribut kampanye partai seperti bendera, kemeja, baju, pernak-pernik untuk name tag, syal, pin, gantungan kunci dan stiker.

“Saya sudah lebih dari 30 tahun jual khusus partai. Saat Pilkada atau Pilpres pasti di sini yang dituju orang karena paling lengkap, pilihan pedagangnya juga banyak jadi bisa nyocokin harga. Kebanyakan yang order ke saya justru dari luar Jakarta seperti Lampung, Medan, Makassar bahkan Maluku ada,” tuturnya. 

Pemilik Jussam Advertising di Senen Jaya 1 dan 2, Justina (34), mengaku saat ini sudah mulai ada pergerakan dari tim politik. Dia menceritakan pemesan di tokonya paling banyak berasal dari Indonesia bagian timur seperti NTB, NTT, Sulawesi, hingga Papua. 

“Yang nanya-nanya doang ada. tapi pesanan sudah mulai masuk kok, seperti emblem dan kaos. Kemarin Partai Hanura ditotal-total pesan 10.000 pcs kaos, tapi itu dari tujuh tim sukses ya,” ujarnya.

Beragam atribut partai dijajakan di tokonya mulai dari kaos, kemeja, bendera, pin, topi, hingga stiker. Kaos dengan foto bakal calon presiden atau lambang partai biasanya paling banyak diminati. Kaos-kaos itu dijual mulai dari harga 13.000 hingga 25.000 per pcs

“Kalau ambil di atas 1.000 pcs harganya lebih murah, sedangkan bendera minimal harus beli 1 bal isi 10.000 pcs,” katanya.

Justina mengaku memiliki strategis khusus untuk meraup penjualan di momen tahun politik dan jelang Pemilu 2024 yaitu dengan  jemput bola menawarkan sejumlah desain kaos, kalender, jam dinding, payung, bendera dan lain sebagainya kepada simpatisan partai, perusahaan dan tim sukses partai. 

“Desain dari kami, gratis. Kami buatkan contohnya, diajukan dengan penawaran harga spesial, bisanya mereka akan mempertimbangkan,” ucapnya.

Pemilik Toko Talang Parindu di Senen Jaya 1 dan 2 lantai 2, Busril (54), tak menampik adanya peningkatan permintaan atribut parpol jelang pemilu. Peningkatan permintaan saat ini sebesar 40 persen dibandingkan kondisi normal. 

Toko yang sudah ada di Pasar Senen sejak 30 tahun yang lalu ini sanggup menerima orderan puluhan ribu kaos, kemeja, rompi dan topi dari sejumlah partai politik dan calon legislatif dalam sekali pesanan. 

“Pelanggan saya bukan dari wilayah Jakarta saja tapi juga caleg dari Maluku dan Sumatera Barat. Klien mulai dari perorangan hingga partai politik, korporasi dan simpatisan partai,” tuturnya. 

Meskipun orderan atribut dan aksesoris partai sudah mulai banyak yang berdatangan, namun Bustril mengaku belum kewalahan menggarap pesanan. Dia masih sanggup menerima dan mengerjakan pesanan atribut parpol. Di Talang Parindu, kaos partai dibanderol harga mulai dari Rp10.000 hingga Rp15.000 per pcs, sedangkan kemeja partai sebesar Rp50.000 per pcs.  

“Masih pelan karena belum keluar nomor urut capres dan caleg, makanya yang sudah pesan nomornya tidak ditulis di kaos pesanannya. Mungkin nanti tiga atau enam bulan menjelang pemilu membludak. Sekarang mereka masih survei-survei harga,” jelas Busril.

Baca Juga: Berkah Belanja Iklan Politik pada MNCN dan SCMA


Mengenal Senen Jaya

Pusat perbelanjaan Senen Jaya Blok 1 dan 2 dibangun oleh pengembang PT Pembangunan Jaya di atas lahan seluas 2 hektare. Pada 2017 lalu, Senen Jaya Blok 1 dan 2 ini pernah dilanda kebakaran. Sejak Februari 2023, gedung tersebut telah merampungkan konstruksi setinggi lima lantai ini dan resmi dibuka untuk umum pada Februari lalu. Bangunan seluas 60.000 meter persegi ini dapat menampung 1.720 unit kios di lantai basement, lantai dasar, lantai 1 dan 2 hingga lantai atap dengan investasi mencapai Rp900 miliar. 

Dilengkapi lot parkir untuk 600 kendaraan roda empat, Senen Jaya 1 dan 2 menawarkan kios ukuran 4 meter persegi hingga 20 meter persegi dengan harga mulai Rp44 juta per meter persegi. Harga tersebut adalah harga sewa selama 20 tahun pemakaian. Ditawarkan cara bayar angsuran bertahap panjang selama 5 tahun melalui pembiayaan bank.

Untuk sampai ke pusat perbelanjaan Senen Jaya 1 dan 2, pengunjung bisa menggunakan transportasi umum seperti kereta commuter line dan bus Trans Jakarta. Semua kendaraan umum itu berhenti persis di depan gedung, sehingga turun dari kendaraan umum pengunjung tinggal jalan kaki menuju lokasi. Bahkan, ada akses langsung dari halte Trans Jakarta ke lantai 1 dan 2 gedung Senen Jaya 1 dan 2. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.