Geliat Tol Laut Terbatas, Distribusi Pangan Kerap Kandas

Penambahan armada kapal, rute, dan jadwal menjadi upaya strategis yang perlu dibenahi guna optimalisasi program tol laut ke wilayah terpencil, tertinggal, terluar, dan perbatasan guna mendukung distribusi produk pangan termasuk komoditas perikanan

Rustam Agus

25 Mar 2022 - 22.30
A-
A+
Geliat Tol Laut Terbatas, Distribusi Pangan Kerap Kandas

Upaya distribusi produk perikanan / Antara

Bisnis, JAKARTA – Rantai distribusi produk pangan termasuk komoditas perikanan ke wilayah tertentu sejauh ini terkendala rute dan frekuensi angkutan tol laut yang masih terbatas.

Menurut catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), aktivitas transportasi tol laut yang terbatas merupakan kendala distribusi dan moda transportasi hasil perikanan di wilayah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP)
 
Selain rute dan frekuensi jadwal angkutan, menurut Direktur Logistik Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Berny A. Subki, kendala lain terkait distribusi perikanan adalah infrastruktur sarana dan prasarana.

"Terutama yang memiliki fasilitas plugging atau alat colok listrik di lokasi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) dan sentra produksi atau pengumpulan hasil perikanan lainnya di lokasi 3TP," katanya 

Keterbatasan sarana dan prasarana dalam distribusi produk perikanan terkait rantai dingin seperti air blast freezer, gudang penyimpanan beku, pabrik es, dan kendaraan berpendingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
company-logo

Lanjutkan Membaca

Geliat Tol Laut Terbatas, Distribusi Pangan Kerap Kandas

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.