Geliat Transaksi Afiliasi Waskita demi Pulihkan Neraca Keuangan

Emiten BUMN karya, PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) pada pekan ini ramai melakukan aksi transaksi afiliasi dengan nilai jumbo. Konsolidasi ini menjadi bagian dari efisiensi pasca divestasi dua ruas tol ke INA.

Emanuel Berkah Caesario
Sep 2, 2022 - 8:57 AM
A-
A+
Geliat Transaksi Afiliasi Waskita demi Pulihkan Neraca Keuangan

Gerbang Tol Brebes Barat, Jalan Tol Pejagan-Pemalang. Jalan tol ini sepanjang 57,5 kilometer ini dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road. Jalan tol ini juga merupakan 1 dari 18 ruas tol yang konsesinya dimiliki Waskita Karya./wtr.co.id

Bisnis, JAKARTA — Upaya BUMN Karya PT Waskita Karya (Persero) Tbk. dalam membenahi kinerja keuangan dan struktur permodalannya terus berlanjut. Sepanjang sepekan terakhir, emiten berkode WSKT ini sibuk menuntaskan sejumlah transaksi afiliasi bernilai jumbo.

Aksi konsolidasi internal yang dilakukan BUMN konstruksi dengan utang terbesar ini merupakan bagian dari strategi efisiensi perseroan pascadivestasi dua ruas tol ke Sovereign Wealth Fund Indonesia atau Indonesia Investment Authority (INA).

Berdasarkan keterbukaan informasi, dikutip Jumat (2/9), emiten bersandi WSKT ini tercatat melakukan aksi transaksi afiliasi yang melibatkan PT Waskita Toll Road (WTR), anak usaha yang 92,1 persen sahamnya dimiliki oleh WSKT.

WTR ini menerima fasilitas pinjaman tunai dari PT Waskita Tol Transjawa (WTTR), anak usahanya sendiri dengan kepemilikan sebesar 39,5 persen. Total pinjaman tersebut mencapai Rp2 triliun yang diberikan dengan tenor 1 tahun atau hingga 29 Agustus 2023 dan bunga 8,5 persen per tahun.

Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Geliat Transaksi Afiliasi Waskita demi Pulihkan Neraca Keuangan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ