Gemuknya Anggaran Sosial Era Prabowo yang Penuh Risiko

Anggaran perlindungan sosial (perlinsos) pada pemerintahan yang baru akan mencapai rekor tertinggi, bahkan lebih tinggi daripada saat pandemi 2020.

Annasa Rizki Kamalina & Maria Elena

21 Mei 2024 - 19.59
A-
A+
Gemuknya Anggaran Sosial Era Prabowo yang Penuh Risiko

Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka menyampaikan keterangan pers seusai Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu Tahun 2024 di Jakarta, Rabu (24/4/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA - Anggaran perlindungan sosial (perlinsos) pada 2025 untuk pemerintahan selanjutnya senilai Rp513 triliun menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah, menimbulkan kekhawatiran terhadap beban defisit fiskal dan melonjaknya utang negara.

Perlindungan sosial yang bahkan lebih tinggi daripada alokasi saat pandemi pada 2020 senilai Rp498 triliun itu dirancang untuk menjaga daya beli masyarakat sehingga mesin pertumbuhan ekonomi tetap terjaga.

Selain itu, anggaran yang gemuk diperlukan guna lebih menyesuaikan dengan visi misi pemerintahan baru. Maklum, Prabowo-Gibran telah menjanjikan program sosial baru seperti makan siang gratis. 

Hal itu belum termasuk rencananya menggunakan APBN untuk mendukung investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang mencapai Rp16 triliun per tahun untuk 30 tahun mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.