Bisnis, JAKARTA – Gerai es krim dan minuman kekinian asal China, Mixue, sudah menjamur di hampir seluruh wilayah Indonesia. Ritel kekinian ini menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet. Menjamurnya gerai Mixue di Indonesia, produk ini bahkan disebut sebagai malaikat pencatat ruko kosong.
Tak sedikit pula yang membuat meme terkait Mixue yang bakal mengisi setiap rumah toko (ruko) yang kosong hingga gedung mangkrak untuk memperbanyak cabangnya. Masifnya ekspansi bisnis es krim asal China Mixue, mendorong penyerapan ruang ritel berupa rumah toko (ruko) di sejumlah wilayah. Di penghujung 2022, gerai Mixue secara serentak menjamur di berbagai lokasi strategis.
Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat mengatakan ruko menjadi pilihan bagi produk Food & Beverage (F&B) dengan target pasar yang umum. Apalagi, ruko merupakan ruang yang terbilang praktis untuk menjangkau konsumen.
“Penggunaan ruko sebagai ruang ritel memang sesuai dengan target pasar dari produk tersebut [Mixue], yang membutuhkan lokasi dengan aksebilitas yang tinggi, harga relatif ekonomis dan dekat dengan konsumennya,” ujarnya kepada Bisnis dikutip Jumat (6/1/2023).