Gerak Lambat LQ45 Menuju Rekor Baru

Kendati mampu mengungguli IHSG tahun ini, LQ45 belum mampu kembali memecahkan rekornya yang dicapai pada awal 2018 lalu. Meski begitu, kalangan analis menilai indeks ini masih memiliki ruang untuk bertumbuh dan segera menyentuh rekornya dalam waktu dekat.

Emanuel Berkah Caesario

23 Sep 2022 - 14.48
A-
A+
Gerak Lambat LQ45 Menuju Rekor Baru

Karyawan melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (24/8/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA — Indeks saham-saham paling likuid di Bursa Efek Indonesia, yakni LQ45, telah mencetak return yang tinggi tahun ini, bahkan mengalahkan IHSG. Namun, posisi indeks ini masih jauh dari level all time high yang pernah dicapai pada awal 2018 silam.

Meski demikian, sejumlah emiten yang menjadi penghuni indeks ini masih berpeluang untuk mencetak pertumbuhan harga tahun ini, mengingat valuasinya yang relatif masih murah. Hal ini bisa saja menjadi penopang bagi indeks saham-saham papan atas ini untuk dapat segera memecahkan rekor baru.

Hingga kemarin, Kamis (22/9), LQ45 sudah tercatat naik 10,87 persen year-to-date (YtD) ke level 1.032,65. Pada saat yang sama, IHSG telah mencetak return 9,69 persen YtD ke level 7.218,91. Meski tahun ini LQ45 melesat lebih kencang, IHSG sudah berhasil mencetak ATH beberapa kali.

ATH terbaru IHSG untuk level penutupan dicapai pada Selasa (13/9) lalu, yakni di level 7.318,02. Sementara itu, secara intraday atau periode perdagangan sepanjang hari sebelum penutupan, level tertinggi dicapai yakni 7.377,50 pada Kamis (15/9). Namun, IHSG cenderung melemah setelahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.