Gerak Lambat Manufaktur di Akhir Tahun

Penurunan impor bahan baku dan penolong makin mengonfirmasi melambatnya produktivitas manufaktur. Kondisi ini juga dibarengi oleh lesunya permintaan pasar ekspor.

Nindya Aldila
Nov 16, 2022 - 11:42 AM
A-
A+
Gerak Lambat Manufaktur di Akhir Tahun

Sejumlah karyawan tengah memproduksi pakaian jadi di salah satu pabrik produsen dan eksportir garmen di Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/1/2022). Bisnis/Rachman

Bisnis, JAKARTA - Penurunan impor bahan baku dan penolong makin mengonfirmasi melambatnya produktivitas manufaktur. Kondisi ini juga dibarengi oleh lesunya permintaan pasar ekspor.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat impor bahan baku/penolong Indonesia mengalami kenaikan sebesar 16,24 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) pada Oktober 2022.

Nilai impor bahan baku/penolong Indonesia pada Oktober mencapai US$14,30 miliar. Naik dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, yakni US$12,30 miliar.

Pelemahan impor bahan baku/penolong pada Oktober 2022 disebabkan oleh bahan bakar mineral dengan kandungan oktan atau RON 90 ke atas dan di bawah 97.

Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Gerak Lambat Manufaktur di Akhir Tahun

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ