Gerak Sempit Pertamina Caplok Blok Migas Iran Tertekan Sanksi AS

Pertamina pada 2018 lalu terpaksa menunda penandatanganan kontrak pengelolaan Blok Mansouri, menyusul dijatuhkannya sanksi oleh Amerika Serikat kepada Iran terkait dengan perjanjian nuklir.

Ibeth Nurbaiti

29 Mei 2023 - 20.01
A-
A+
Gerak Sempit Pertamina Caplok Blok Migas Iran Tertekan Sanksi AS

Aktivitas pengeboran di salah satu wilayah kerja offshore (lepas pantai) yang dikelola PT Pertamina Hulu Energi./Istimewa-Dok.Pertamina

Bisnis, JAKARTA — Kunjungan kenegaraan Presiden Republik Islam Iran Seyyed Ebrahim Raeisi ke Indonesia menjadi angin segar bagi PT Pertamina (Persero), terlebih pemerintah ingin menghidupkan kembali peluang kerja sama minyak dan gas bumi dengan salah satu negara strategis di kawasan Timur Tengah itu.

Lawatan perdana Raeisi ke Indonesia pada 23—24 Mei 2023 sejak dilantik sebagai Presiden Iran pada 3 Agustus 2021 lalu, memberi secercah harapan kepada Pertamina untuk melanjutkan kembali rencana akuisisi salah satu ladang migas Iran, yakni Blok Mansouri.

Pasalnya, Pertamina pada 2018 lalu terpaksa menunda penandatanganan kontrak pengelolaan Blok Mansouri, menyusul dijatuhkannya sanksi oleh Amerika Serikat kepada Iran terkait dengan perjanjian nuklir.

Baca juga: AS Jawara PLTN Terbesar di Dunia, China Terbanyak Reaktor Nuklir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.