Gerak Stabil Harga Minyak di Antara Tarikan AS

Harga minyak mentah mulai stabil di tengah dua isu pandangan hawkish bank sentral dan penurunan stok minyak mentah Amerika Serikat (AS).

Asteria Desi Kartikasari

30 Jun 2023 - 20.22
A-
A+
Gerak Stabil Harga Minyak di Antara Tarikan AS

Kilang minyak lepas pantai di Skotlandia/Bloomberg-Jason Alden

Bisnis, JAKARTA— Harga minyak mentah mulai stabil di tengah dua isu pandangan hawkish bank sentral dan penurunan stok minyak mentah Amerika Serikat (AS). 

Misalnya saja minyak jenis Brent berada di jalur untuk mencatat kenaikan bulanan pertama tahun ini lantara penurunan tajam dalam stok minyak dan rencana OPEC+ memangkas produksi. Investor pun mengantisipasi apabila kebijakan akan melebihi kekhawatiran permintaan yang berasal dari kenaikan suku bunga. 

Adapun minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman September melemah 0,3 persen, menjadi US$74,32 pada Jumat pagi, (30/6/2023). Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 21 sen atau 0,3 persen, menjadi diperdagangkan pada US$69,65 dolar AS per barel.

Kedua harga acuan tersebut menetap sedikit lebih tinggi pada Kamis (29/6/2023) dan berada di jalur yang tepat untuk naik lebih dari 2 persen pada bulan ini. Pasar khawatir tentang pengetatan pasokan setelah Badan Informasi Energi AS (EIA) mengatakan persediaan minyak mentah turun 9,6 juta barel dalam pekan yang berakhir 23 Juni, jauh melebihi perkiraan para analis untuk penarikan 1,8 juta barel dalam jajak pendapat Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.