Gerak UMKM Melambat, Laju Penjualan Mobil Pikap Tersendat

Optimisme pebisnis UMKM di Tahun Naga Kayu adalah angin segar bagi pelaku industri kendaraan niaga pikap untuk mendongkrak kembali penjualan yang turun signifikan.

Fatkhul Maskur

28 Feb 2024 - 10.14
A-
A+
Gerak UMKM Melambat, Laju Penjualan Mobil Pikap Tersendat

Mobil bak terbuka alias pikap banyak digunakan untuk mendukung aktivitas bisnis pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). - Foto Suzuki Indomobil

Bisnis, JAKARTA-Penjualan mobil niaga pikap sepanjang tahun lalu menyusuri jalan menurun, seiring dengan pelemahan aktivitas sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan, pasar mobil angkutan barang pada 2023 mengempis, baik di segmen pikap kecil maupun pikap medium.

Di segmen pikap kecil, penjualannya mengalami penurunan 17,8% dibandingkan dengan tahun sebelumnya 106.532 unit menjadi hanya 87.616 unit.

Di segmen ini, setidaknya terdapat enam model yang mengisi pasar, yakni Daihatsu Gran Max, Suzuki Carry, DFSK Super Cub, Tata Super Ace, Tata Intra, dan Wuling Formo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.